Foto Humas Polres Ngawi

Kalseltoday.com,  Ngawi - Kecelakaan maut di Ngawi melibatkan satu mobil Daihatsu Xenia dengan truk tronton boks. Keduanya terlibat tabrakan hingga menyebabkan tiga orang meninggal dunia dan beberapa korban lainnya luka-luka.


Lalu, apa penyebab dari kecelakaan maut ini? Berikut informasi selengkapnya.


1. Awal Mula Kecelakaan Maut di Ngawi

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Ngawi Solo, Desa Kuwu, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi. Daihatsu Xenia bernopol AD-1383-JW menghantam truk tronton boks bernopol L-1576-SD.


Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Achmad Fahmi Adiatma menjelaskan kecelakaan terjadi pada Minggu (29/10/2023) sekitar pukul 15.30 WIB. Kecelakaan maut itu bermula saat Daihatsu Xenia yang dikemudikan oleh Suwarno (48), warga Desa Bendungan, Kecamatan Kedawung Sragen, melaju dari arah Ngawi ke Solo.


Sesampai di lokasi, Xenia mendahului kendaraan lain. Namun, dari arah berlawanan muncul truk tronton yang dikemudikan oleh Tri Widianto (20), warga Tinggal Jaya, Jati Lawang, Banyumas hingga keduanya bertabrakan.


"Saat pengemudi kendaraan Daihatsu Xenia ingin mendahului, sehingga mengambil lajur kiri keluar aspal dan berbalik ke lajur kanan. Karena kurang memperhatikan arus lalin yang ada serta kurang hati-hatinya dan jarak sudah dekat sehingga terjadi tabrak depan. Kendaraan Xenia kena samping kanan truk boks," jelasnya, seperti dilansir detikJatim, Minggu (29/10/2023).


2. Penyebab Kecelakaan

Daihatsu Xenia menabrak truk tronton boks di Jalan Raya Ngawi-Solo, Desa Kuwu, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi. Kecelakaan diduga dipicu sopir Xenia bernopol AD-1383-JW yang mengantuk.


"Diduga pengemudi (Xenia) mengantuk dan kita masih belum selesai melakukan pemeriksaan saksi," kata Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Achmad Fahmi Adiatma, Minggu (29/10/2023).


Fahmi melanjutkan, pihaknya masih belum bisa meminta keterangan Suwarno. Polisi masih akan menunggu Suwarno pulih.


"Pemeriksaan belum selesai karena pengemudi masih belum bisa dimintai keterangan dan masih di RS Widodo," lanjut Fahmi.


3. 3 Orang Tewas

Sebanyak tiga orang meninggal dunia dalam kecelakaan maut mobil Xenia vs truk tronton di Ngawi. Tiga korban meninggal dunia adalah penumpang Xenia yakni:

Ragil Suratno (51), warga Desa Bendungan Kecamatan Kedawung,Triyono (30), warga Desa Bendungan Kecamatan KedawungSuyono (55), warga Desa Gowore Kecamatan Karangmalang, Sragen.


"Korban meninggal dunia ada tiga, dua di lokasi dan satu meninggal dunia di RS," kata Fahmi.


4. 6 Orang Luka-luka

Mobil Xenia tersebut ditumpangi 7 orang. Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Achmad Fahmi Adiatma mengatakan ada tiga orang dilaporkan tewas, sedangkan enam orang dilaporkan terluka, dua di antaranya sopir dan kernet truk tronton.


"Kecelakaan melibatkan dua kendaraan Xenia dan Tronton, mengakibatkan tiga orang meninggal dan enam luka dilarikan ke RS," kata Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Achmad Fahmi Adiatma, Minggu (29/10/2023).


Ada lima orang yang masih menjalani perawatan di RS Widodo Ngawi. Sementara itu, satu orang lain yang sempat mendapatkan penanganan medis karena luka-luka sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.


"Korban luka ada lima orang dirawat di RS Widodo Ngawi," tandas Fahmi.


5. Mobil Xenia Angkut Rombongan Pesilat Sragen

Kecelakaan maut antara Daihatsu Xenia dengan truk tronton boks terjadi di Jalan Raya Ngawi-Solo, Desa Kuwu, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi. Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Achmad Fahmi Adiatma mengatakan Xenia tersebut mengangkut rombongan pesilat asal Sragen.


"Infonya rombongan pesilat yang dari acara di Magetan ingin pulang ke Sragen," katanya, Minggu (29/10/2023).


Rombongan pesilat tersebut dalam perjalanan pulang dari Magetan ke Sragen, Jateng. Kedatangan mereka ke Magetan adalah untuk menjenguk sang pelatih.


"Rombongan pesilat habis besuk pelatihnya di Magetan yang sedang sakit," kata Fahmi. (Red)