Kalseltoday.com, Tanah Bumbu - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi banjir pesisir atau rob pada periode 12-19 November 2023.


Berdasarkan prakiraan BMKG Kalimantan Selatan, potensi banjir pesisir atau rob diprediksi terjadi selama satu minggu mendatang. Faktor penyebabnya adalah adanya fenomena fase bulan baru atau Super New Moon.


H Sulhadi, Kepala Pelaksana BPBD, menjelaskan bahwa fenomena ini dapat meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di wilayah pesisir Kalsel dan berdampak pada aktivitas masyarakat.


“Dampaknya mencakup gangguan pada aktivitas sehari-hari masyarakat, transportasi di pelabuhan dan pesisir, seperti kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta perikanan di darat,” ungkapnya pada Minggu (12/11/2023).


Pasang air laut maksimum diperkirakan terjadi di Kotabaru pada pukul 17.00-22.00 WITA dengan ketinggian gelombang maksimum mencapai 3 meter, berpotensi berdampak pada perairan Kabupaten Tanah Bumbu.


Dalam upaya mengantisipasi potensi bencana, BPBD mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dini, terutama saat melakukan aktivitas di luar rumah.


“Masyarakat di sekitar pesisir diminta tetap waspada terhadap kemungkinan gelombang tinggi dan kenaikan air pasang laut. Para nelayan juga dihimbau untuk menunda sementara aktivitas melaut jika kondisi cuaca membahayakan keselamatan,” tegas Sulhadi. (Lenka)