Banjarmasin - KETUA Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) Kalimantan Selatan, Rafiansyah Sofyan, SE, SH mengungkapkan sebanyak 33 pengacara P3HI bersedia mendampingi pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin berslogan Radja AA Nih.


"Senin, 20 Mei 2024 kita akan mengadu ke Bawaslu Kota Banjarmasin," kata Rafiansyah, saat di wawancarai wartawan, Sabtu (18/05/2024) di kantor hukum "Rafiansyah" Jl. Banjar Indah Komplek Grand Residence No. 335 Banjarmasin.


Menurut Advokat P3HI angkatan Ke VI ini, pendampingan hukum yang akan di lakukan, merupakan sebuah bentuk kesetiannya terhadap pimpinan tertinggi organisasi advokat P3HI sendiri.


"Pak Aspihani adalah Ketua Umum kami di P3HI, kalau beliau merasa luka, kami pun ikut merasakan sakitnya" akunya Rafiansyah.


Ditempat yang sama Anang Misran mengatakan, sesuai saran dari KPU Kota Banjarmasin sendiri, pihaknya akan membuat pengaduan terhadap sengketa Pilkada di Banjarmasin atas pencalonan pihaknya sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin.


"Barusan kita mendatangi surat kuasa bersama pak Wakil Habib Aspihani. Alhamdulillah 33 pengacara P3HI bersedia suka rela mendampingi kami," kata Anang Bidik panggilan akrabnya Anang Misran, Sabtu (18/05/2024).


Anang Bidik membeberkan, kenapa pihaknya akan melakukan pengaduan ke Bawaslu, karena masih ada kesempatan pihaknya untuk dapat berkompetisi di ajang Pilwalkot Banjarmasin mendatang ini.


"Kita optimis, masih ada celah untuk Kami (Radja AA Nih) untuk maju dalam pencalonan Walikota Banjarmasin," harapnya.


Anang, mengatakan, saat diskusi, salah satu Komisioner KPU Subhani memberi jalan bahwa kita bisa melakukan upaya penyelesaian sengketa ke Bawaslu. Karena disana jelas Anang, akan celah dalam pencalonan hanya dengan menyerahkan faktual dukungan sebagai persyaratan calon perseorangan.


"Kita sudah siapkan beberapa dokumen, baik berupa fisik, excell, foto copy, semua untuk mendukung pengaduan ke Bawaslu dan kita pun sudah konsultasi dengan pihak Bawaslu Kalsel." Ungkapnya.


Bakal Calon Wakil Walikota berslogan Radja AA Nih, Habib Aspihani Ideris membenarkan pihaknya bakal mengadu ke Bawaslu terkait di kembalikannya berkas pencalonan perseorangan.


"Inggih mas, Insya Allah kita akan mengadu ke Bawaslu, memang seperti itu prosesnya. Doakan saja semoga lancar ya," ucapnya ringkas, Sabtu (18/05/2024). ***