BARABAI - Tim Harpal Detasemen Peralatan VI/I Banjarmasin yang dipimpin oleh Kapten  Cpl A.I. Hutagaol (Kaurhar) melaksanakan pemeriksaan kendaraan Dinas di Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah, Jum’at (03/05/2024).

Pemeriksan kendaraan dinas roda dua dan roda empat meliputi pengecekan kelengkapan fisik kendaraan dan pemeriksaan kelengkapan surat Izin mengemudi (SIM) dan surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Kemudian untuk kelengkapan kendaraan antara lain lampu sen, lampu depan, lampu rem, spion dan ban jadi semua harus lengkap dan sesuai standar,”terang Kapten  Cpl A.I. Hutagaol.

Menurutnya, selaku Pembina materiil TNI-AD, pemeriksaan kendaraan dinas secara rutin penting dilaksanakan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran dan kecelakaan berlalu lintas di jalan raya serta untuk mengetahui kesiapan operasional kendaraan, mengingat tingginya resiko dalam berlalu lintas di jalan raya,” imbuhnya


Sementara itu Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa.S.Hub.Int.,M.Han melalui Perwira Seksi Logistik Kodim 1002/HST Kapten Czi Obet Subagiyo mengatakan bahwa pemeriksaan kendaraan ini rutin dilakukan untuk mengetaui kendaraan dinas tersebut layak operasional atau tidak,” ujarnya

Apabila ditemukan adanya kerusakan kendaraan dinas, maka akan dilakukan perbaikan, hal ini dilakukan agar seluruh kendaraan dinas yang dipertanggungjawabkan oleh Kodim 1002/Hulu Sungai Tegah dalam keadaan siap oprasional guna mendukung kelancaran tugas,” imbuhnya.

"Khusus untuk kendaraan roda dua menjadi perhatian karena kami mau pastikan agar kendaraan layak dikendarai karena untuk menekan serta mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang akan mengakibatkan kerugian baik personel maupun materil," katanya.

Tim Peralatan Banjarmasin juga melaksanakan pemeriksaan kendaraan SPM Kawasaki KLX 155 cc 40 unit, dukungan dari Kementrian Pertahanan RI sebelum nantinya diserahkan kepada pemegangnya (Babinsa). (Fr).