BRI LIGA 1: Persija Tahan Imbang Barito Putera 2-2

Banjarmasin - Persija Jakarta harus puas cuma bisa bawa pulang satu poin saja dari markas Barito Putera dalam laga pekan ke-32 Liga 1 2023-2024, pada Minggu (21/4/2024) malam WIB. Bermain di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta, tim berjuluk Macan Kemayoran itu tepatnya ditahan dengan skor 2-2.

Awalnya Persija sempat memimpin lewat gol Ryo Matsumura di menit 44, namun dibalas dengan cepat oleh Amiruddin Bagus Kahfi pada menit 45+1. Lalu di babak kedua, Persija tertinggal dulu gara-gara Eksel Runtukahu di menit 47.

Beruntung Persija berhasil mencetak gol lagi pada menit 75 berkat aksi Akbar Arjunsyah. Kini dengan hasil imbang itu, Persija masih tertahan di posisi 10 dengan 42 poin, sedangkan Barito di peringkat 11 dengan 43 angka.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pertandingan langsung berjalan dengan intensitas tinggi begitu dimulai di mana kedua tim bermain dalam tempo yang cepat. Pada menit kelima, Barito Putera lebih dulu mengancam lewat tendangan keras Bagus Kahfi yang mengarah tepat ke pelukan Andritany Ardhiyasa.

Lima belas menit laga berjalan, Bagus Kahfi mendapatkan peluang emas setelah menerima bola liar usai Devid melewati Andritany di kotak penalti. Sayangnya, tendangannya malah mengarah ke jaring luar gawang meski sudutnya memang sangat sempit.

Tak lama berselang, Laskar Antasari -julukan Barito Putera- kembali menebar ancaman lewat tandukan Gustavo Tocantins yang menyambut umpan silang Mike Ott. Namun, bola yang melambung masih bisa ditepis oleh Andritany.

Di sisi lain, Persija masih kesulitan untuk mendapatkan peluang berbahaya hingga setengah jam pertandingan bergulir. Mereka mampu menyerang tetapi selalu menemui kebuntuan ketika ingin melakukan penyelesaian akhir.

Pada menit 43, akhirnya Macan Kemayoran -julukan Persija- mampu memecah kebuntuan. Lewat kerjasama apik umpan satu-dua, Gustavo Almeida memberikan umpan kepada Ryo Matsumura tepat di mulut gawang sehingga pemain asal Jepang itu dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang.

Namun, tiga menit kemudian Barito mampu menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol Bagus Kahfi yang menjebol gawang Andritany dengan tendangan mendatar dari dalam kotak penalti. Skor tersebut pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Barito langsung mengambil inisiatif serangan di awal babak kedua. Hasilnya, tim asuhan Rahmad Darmawan itu berhasil berbalik unggul 2-1 pada menit 47 lewat gol Eksel Runtukahu.

Tiga menit berselang, Persija nyaris menyamakan kedudukan lagi lewat gol Gustavo Almeida. Akan tetapi, gol tersebut dianulir oleh wasit karena mantan striker Arema FC itu berada di dalam posisi offside saat menerima umpan silang Oliver Bias.

Selepas itu, Pasukan Thomas Doll terus mendominasi. Mereka hampir menorehkan gol pada menit 73, namun tendangan Akbar Arjunsyah yang sempat berbelok arah usai mengenai tubuh Bayu Pradana masih bisa dihalau oleh Banua Norhalid.

Dua menit kemudian, Akbar Arjunsyah akhirnya benar-benar bisa membawa Persija menyamakan skor menjadi 2-2. Bek berusia 22 tahun itu menyambut umpan manis Ondrej Kudela dengan tandukannya yang sempat memantul ke tanah sebelum masuk ke dalam gawang Barito Putera.

Pada menit 82, Barito Putera hampir mencetak gol dalam sebuah kemelut di mulut gawang Persija. Beruntung bagi tim tamu, Andritany mampu menepis sontekan Eksel Runtukahu.

Jual beli serangan terus berlangsung di menit-menit akhir babak kedua. Namun penyelesaian akhir yang buruk membuat kedua tim gagal menambah gol lagi hingga peluit panjang dibunyikan. Alhasil, skor imbang 2-2 mengakhiri laga antara Barito Putera kontra Persija.

Berikut adalah susunan pemain Barito Putera vs Persija Jakarta :

BARITO (4-4-2): Banua Norhalid; Ilham Zusril Mahendra, Carli de Murga, Muhammad Firly, Buyung Ismu Lessy; Bayu Pradana, Rizky Pora, Bagus Kahfi, Mike Ott; Gustavo Tocantins, Devid de Santana Silva.

Cadangan: Yuswanto Aditya, Nazar Nurzaidin, Hasyim Kipuw, Reza Zuhro, M. Iqbal Gwijangge, Murilo Mendes, Ega Rizky Parama, Abdul Aziz, Frendi Saputra, Eksel Runtukahu.

PERSIJA (3-5-2): Andritany Ardhiyasa; Akbar Arjunsyah, Ondrej Kudela, Hanif Sjahbandi; Riko Simanjuntak, Maciej Gajos, Resky Fandi, Oliver Bias; Marko Simic, Gustavo Almeida.

Cadangan: Tony Sucipto, Adre Arido Giovani, Cahya Supriadi, Maman Abdurrahman, Sandi Arta Samosir, Aji Kusuma.

0/Post a Comment/Comments