BPPD Kalsel di Anugerahi Tebaik Nasional Klaster Logistik Penanggulangan Bencana - Terimakasih Paman Birin



Kalseltoday.com, Kendari - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah dianugerahi gelar provinsi terbaik di tingkat nasional dalam bidang klaster logistik penanggulangan bencana.


Penghargaan ini diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai pengakuan terhadap upaya cepat yang dilakukan oleh BPBD Kalsel, setelah menerima arahan dari Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, yang akrab disapa Paman Birin, untuk segera membentuk klaster logistik di bidang penanggulangan bencana.


“Pada Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana di Sulawesi Tenggara kemarin, BPBD Kalsel memperoleh penghargaan provinsi terbaik nasional dalam penginisiasi pembentukan klaster logistik penanggulangan bencana, berkat inisiasi Gubernur Kalsel Paman Birin,” kata Raden Suria Fadliansyah, Kepala BPBD Kalsel, pada hari Minggu (15/10).


Suria menjelaskan bahwa keberadaan klaster logistik penanggulangan bencana di tingkat daerah sangat penting karena membantu koordinasi dan kolaborasi antar stakeholder dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana.


Klaster logistik penanggulangan bencana di Provinsi Kalsel juga didukung oleh dasar hukum berupa Surat Keputusan Gubernur tentang Pembentukan Klaster Logistik Penanggulangan Bencana.


Menanggapi penghargaan ini, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan, Dr. Lilik Kurniawan, S.T., M.Si., menyatakan pentingnya peran logistik dan peralatan yang memadai dalam penanganan bencana. Dia menekankan bahwa perbaikan tata kelola logistik dan peralatan adalah kunci keberhasilan, dengan data dari WFP menunjukkan bahwa 73 persen urusan penanganan darurat dapat diselesaikan jika logistik dan peralatannya terpenuhi. Namun, Lilik juga menyoroti pentingnya sumber daya manusia yang mampu mengelola logistik ini dengan baik. (Tim/Adpim)

0/Post a Comment/Comments