BSML III dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin gelar "Edukasi Kemetrologian" Tahun 2024


Kalseltoday.com, Banjarmasin - Balai Standarisasi Metrologi Legal Regional III (BSML III) Kalsel dan Dinas Perdagangan Perindustrian (Disperidagin) Kota Banjarmasin melaksanakan Edukasi kepada masyarakat dan pemilik alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapanya (UTTP) di Galaxy Hotel, Banjarmasin, Kamis (12/10/2023).


Sebanyak 100 peserta diberikan pemahaman terkait tera, tera ulang dan pengawasan yang bertajuk 3M yakni masyarakat melek metrologi, peduli ukuran, takaran dan timbangan.


Peserta yang dihadirkan dari latar belakang berbeda yakni pemilik UTTP baik IKM/industri kecil, pelaku usaha dan kios pertanian juga terdiri dari para pegiat UMKM, pedagang, pengelola SPBU, pengelola usaha jasa ekspedisi, pengelola retail modern, mahasiswa, dan masyarakat umum.


Acara tersebut di gelar untuk meningkat kan pemahaman Kemetrologian kepada pelaku usaha, pengguna UTTP dan produsen BDKT.


Aen Jueni, Kepala BSML Regional III, menerangkan Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman kepada masyarakat tentang kemetrologian.


Juga untuk mendorong masyarakat atau para pelaku usaha untuk menggunakan alat ukur yang telah ditera ulang. 


Kegiatan Edukasi yang kita lakukan harinini untuk memberikan informasi kepada para pelaku usaha BDKT di Banjarmasin, agar produknya memenuhi persyaratan yang berlaku, tentunya dari sisi kebenaran pelabelan maupun kebenaran kuantitas,” terangnya.


Di lain sisi, Ichrom Muftezar sebagai Kepala Disperindagin Kota Banjarmasin, turut mengapresiasi kegiatan Edukasi Kemetrologian yang digelar oleh Kemendag tersebut.


“Mewakili Pemkot Banjarmasin, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kemendag yang sudah menggelar kegiatan edukasi kemetrologian di Kota Banjarmasin ini."ucap Ichrom.


Ia pun sangat berharap melalui kegiatan ini akan semakin meningkatkan pemahaman para pelaku usaha di Kota Banjarmasin mengenai kemetrologian. 


"Harapan kami srmoga tercipta kondisi usaha yang kondusif, serta saling menguntungkan antara pelaku usaha dan konsumen." Ujarnya lagi.


Dengan menghadirkan narasumber Pengawas Kemetrologian BSML Regional III, Ahmad Yani, juga ada Ketua Tim Penegakkan Hukum dan Bimbingan Operasional Kemetrologian Direktorat Metrologi, serta Ake Erwan dan Pengawas Kemetrologian Direktorat Metrologi, Robith Urwatal Wusko. (@DW)

0/Post a Comment/Comments