Field Trip Siswa Siswi SD Muhammadiyah 8 dan 10 Banjarmasin Kenalkan Kehidupan Masyarakat


Kalseltoday.com, Banjarmasin - Belajar dengan memberikan teori kepada para siswa saja terkadang tidak cukup. Setidaknya siswa perlu proses belajar secara langsung dan melihat suatu proses sambil mempraktekannya. Melalui metode belajar tersebut, maka akan semakin mudah bagi para siswa dalam memahami suatu hal dan ini disebut Field Trip.


Field trip adalah kegiatan studi lapang yang dilakukan oleh para siswa untuk belajar, kemudian trip berada di luar lapangan sekolah.


Di SD Muhammadiyah 8 dan 10 Banjarmasin , untuk pembelajaran field trip diberikan untuk kelas PDCI (Peserta Didik Cerdas Istimewa), tapi selama Pandemi Covid 19 dilaksanakan di kelas. Setelah tidak ada lagi pandemi, pembelajaran kembali dilakukan di luar. 



Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut, Rabu (1/11/2023), diikuti oleh kelas 4 dan 6 PDCI. Sedangkan jumlahnya untuk kelas 4 sebanyak 20 orang dan kelas 6 juga sebanyak 20 orang. Sementara Pendamping sebanyak 7 orang. Untuk tujuan field trip yaitu Perkebunan dan Perikanan di Wilayah Banjarbaru.


Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 10 Banjarmasin Nurul Fadhliah SE SPdI mengatakan, hasil kegiatan yang dilakukan dalam program field trip ke Banjarbaru tersebut, dibawa ke sekolah.


"Ada kegiatan menanam dalam kegiatan itu. Kemudian setelah beberapa bulan akan dirasakan hasilnya. Anak-anak juga membeli bikin ikan dan memeliharanya sampai besar. Sehingga merasakan bagaimana memberi makan ikan dan memelihara ikan tersebut, sebagai bukti nyata pembelajaran untuk mereka," ungkap Nurul.



Sedangkan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin Suriani Husein SPdI mengatakan, kegiatan ini akan memberikan pengenalan lebih luas kepada para siswa, jika dibandingkan dengan menjelaskan secara teori.


Kamis (2/11/2023) para Siswa dan Siswi SD Muhammadiyah 8 dan 10 yang mengikuti Field Trip tersebut, kembali ke sekolah dan mengikutinya pembelajaran seperti biasa. ***

0/Post a Comment/Comments