Antisipasi Kemacetan, Polres Batola Terjunkan Petugas Gabungan di Pos Pelayanan Mudik Lebaran

Batola - Memasuki Hari Raya  Idul Fitri 1445 hijriyah H+1 terjadi  peningkatan arus lalu lintas di jalan Trans Kalimantan  handil bakti Kec. Alalak Kab. Batola, Kapolres Batola AKBP DIAZ SASONGKO, S.I.K., M.H, Melalui Kasi Humas Iptu Marum mengatakan Petugas pos pelayanan Posko lebaran Handil bakti yang telah di stand by kan Polres Batola untuk mengantisipasi menghadapi berbagai permasalahan atau gangguan saat mudik lebaran langsung merespon dengan cepat, dengan terjun ke jalan untuk melakukan pengaturan mengurai terjadinya kemacetan pada Kamis (11/4/2024)

Terjadinya antrian kendaraan di ruas Jalan Trans Kalimantan Handil Bakti terjadi karena adanya lonjakan pemudik di hari raya kedua, antrian kendaraan didominasi oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor dan kendaraan pribadi roda empat yang berangkat dari Banjarmasin Menuju Kalimantan Tengah dan Jalur arah Banua lima, serta Kaltim.

Lebih lanjut kata Kasi Humas, Pengaturan arus lalu lintas di ruas jalan Trans Kalimantan Selatan dilakukan beberapa petugas pos pelayanan dari posko pelayanan mudik lebaran Handil Bakti terdiri dari personil TNI Polri, Satpol PP dan BPBD yang  memang sudah jauh-jauh hari di disiagakan mulai dari  H-7  sebelum pelaksanaan hari Raya Idul Fitri mereka turun langsung ke Jalan Raya untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas setiap saat bila terjadi kemacetan.

Para petugas Posko Pelayanan Mudik lebaran juga melakukan pelayanan-pelayanan lain kepada Masyarakat seperti, Pertolongan terhadap kendaraan yang mogok, laka lantas,  Patroli di Daerah Rawan, menyiapkan pasilitas kesehatan serta melakukan  himbauan Mudik lebaran.

Ketika Humas Polres Batola mengkonfirmasi Kasat Lantas Polres Batola, AKP R. Endro Suprapto, S.E., M.I.Kom selaku Kasatgas Kamseltib Car Lantas Ops Ketupat Intan 2024 mengatakan "Pengaturan arus lalu lintas dilaksanakan bertujuan agar kepadatan tidak terjadi di ruas jalan Trans Kalimantan sehingga dapat meminimalisir terjadinya kemacetan panjang yang dapat mengganggu kenyamanan Masyarakat dalam pelaksanaan Mudik lebaran".

Selain memberikan pelayanan berupa pengaturan lalu lintas petugas pos Pelayanan juga memberikan himbauan kepada para pemudik agar selalu mentaati peraturan lalu lintas serta berhati-hati dalam perjalanan,  apabila mengalami kelelahan fisik, sebaiknya istirahat di tempat-tempat yang aman di rest area atau Pos Pelayanan Kepolisian yang telah disediakan untuk kenyamanan kelancaran dalam melakukan mudik lebaran.

"Berkat keaktifan para petugas di Pos pelayanan dalam melakukan pengaturan arus lalin, secara umum jalur Trans kalimantan Wilayah Kab. Batola dapat dikondisikan dan jalur dapat dilalui dengan lancar, aman dan nyaman.

Kasi Humas Iptu Marum mengatakan Polres Batola dalam pelaksanaan operasi ketupat Intan 2024 berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat agar dalam perjalanan mudik dan Perayaan Hari Raya Idul Fitri, Masyarakat dapat liburan dihari Raya dengan penuh suka cita dan gembira,  dengan  terciptanya kamseltibcar Lantas untuk kenyamanan dan keselamatan  bersama," pungkas Marum. (Tim)

0/Post a Comment/Comments