Kalseltoday.com, Banjarbaru - Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melepas Jemaah Haji Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin di Asrama Haji Banjarbaru. 


Kloter 1 terdiri dari 323 orang berasal dari Kabupaten Banjar, Kalsel ditambah 5 orang petugas Kloter, 1 Ketua Kloter, 1 Pembimbing Ibadah, 1 Dokter Kloter dan 2 Perawat.


“Kita juga bersyukur, hari ini kita masih mendapat kesempatan berkumpul dan bersilaturrahmi, dengan saudara-saudari kita jemaah calon haji yang sebentar lagi akan meninggalkan Kalimantan Selatan Babussalam,” ucap Sahbirin Noor di Aula Jeddah, Senin (29/5/2023).


Pelaksanaan ibadah haji disebutkan ibadah yang berat dan penuh tantangan, persiapannya tidak hanya kemampuan materi saja, tetapi juga kesiapan secara fisik dan mental, termasuk bekal pengetahuan yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji.


Panggilan Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji tidak dimiliki oleh setiap orang, saat ini, orang yang memiliki kemampuan sekalipun harus menunggu puluhan tahun untuk menunaikan ibadah haji.


“Bahkan Banua kita termasuk provinsi yang paling lama daftar tunggu untuk keberangkatan ibadah haji. Oleh sebab itu, kesempatan yang saudara dapatkan untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini, hendaknya dimanfaatkan dengan maksimal, sehingga mendapatkan nilai utama ibadah haji, yaitu haji yang mabrur,” doa Sahbirin Noor.


Kepada warga yang melaksanakan ibadah haji, Sahbirin juga tak lupa untuk mengingatkan kepada segenap jemaah haji agar menjaga kesehatan dan konsumsi makanan dan air yang cukup, apalagi kondisi cuaca di Mekkah berbeda dengan cuaca di Banua kita.


“Jangan lupa pula untuk mendoakan Banua kita agar selalu aman dan damai,” harap Sahbirin Noor. (Tim)