SDN Pemurus Baru 2 Banjarmasin Laksanakan PERSAMI, Kepsek: Untuk membentuk Karakter Siswa yang Mandiri


Kalseltoday.com, Banjarmasin - Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) di ikuti Siswa/wi dari Kelas 5 dan kelas 6 bertempat di halaman Sekolah SDN Pemurus Baru 2 Jalan Prona 1 Kecamatan Banjarmasin Selatan, kota Banjarmasin, Sabtu (16/12/2023).


Perkemahan Sabtu-Minggu atau yang lebih kita kenal dengan Persami tersebut ditujukan untuk mengembangkan karakter siswa-siswi dan menumbuhkan jiwa Pancasila dan Cinta Tanah Air.


Kegiatan persami tersebut dibuka langsung oleh Drs.Saberan Ruslan wakil Ketua 3 Kwartir Ranting Kec.Banjar selatan, yang di hadiri Sukarna.S.Pd ketua pelaksana, Kepsek SDN Pemurus Baru 2 Hanifah, S.Pd, Rahmani .M.Pd Dosen UPAYA Banjarmasin serta Mahasiswa/wi ULM Banjarmasin serta sejumlah orang tua Komite Sekolah.


Hanifah, S.Pd Kepsek SDN Pemurus Baru 2 Banjarmasin

Hanifah,S.Pd Kepsek SDN Pemurus Baru 2 mengatakan acara ini di ikuti sekitar 120 siswa dan Siswinya.


"Hari kita mengadakan Pekemahan Sabtu Minggu untuk siswa kelas 6 wajib, juga ada beberapa siswa kelas 5 untuk mereka menggali pengalaman,supaya untuk di program tahun depan mereka jadi terbiasa." Terang Hanifah.


"Tujuan sendiri memperkenalkan apa itu Persami, dan untuk bekal mereka apabila nanti sudah memasuki jenjang SMP atau Tsanawiyah paling tidak ada penggalaman mereka tentang Kepramukaan juga berharap peserta didik dapat menjadi anak-anak yang mandiri dan berkarakter." Tambahnya.


Ia juga mengatakan Kegiatan Persami selama 2 hari ini juga ada penyerahan Piala Inspirasi untuk siswa semua akan di serahkan kepada siswa yang mengikuti Persami hari ini.


"Piala yang kita berikan adalah untuk memotivasi anak anak, 1 anak 1 piala juga ada beberapa piala lomba untuk hadiah yang mana ada kegiatan perlombaan juga dalam acara Persami hari ini." Ungkapnya.


Piala tersebut atas partisipasi dari mahasiswa/wi dari UPAYA dan ULM Banjarmasin yang melatih Siswa SDN Pemurus Baru 2 Banjarmasin.


"Kita berharap untuk Persami tahun depan lebih baik lagi, ada kemajuan dari jumlah siswa peserta nanti , tetapi untuk pelaksanaannya kemungkinan di luar sekolah karena halaman sekolah kita tidak memungkinkan untuk tempatnya yang terlalu sempit." Kata Hanifah lagi.


Sementara itu Drs.Saberan Ruslan wakil Ketua 3 Kwartir Ranting Kec.Banjar selatan, juga mengatakan hal yang sama kegiatan Persami di SDN Pemurus Baru 2 untuk motivasi anak anak siap untuk melanjutkan Ke SMP atau Tsanawiyah nanti.




"Di sini lah kita membentuk kemandirian, supaya betul betul mandiri, intinya agar mereka mampu hidup mandiri dan mampu melaksanakan tugas tugas sekolah sesuai harapan sekokah agar tidak membebankan orang tua dan belajar sesuai denga semangatnya, agar mampu mencapai masa depan yang Cemerlang." Ujar Drs.Saberan.


Drs.Saberan Ruslan, juga menjelaskan kenapa acara sekolah hanya di laksanakan di area sekolah, karena Persami hari ini sifatnya hanya pembelajaran karena untuk Acara Persami di luar Sekolah atau alam terbuka untuk yang sudah dan harus berpengalaman karena sudah menguasai lapangan alam terbuka, dan untuk memberikan pengalaman tersebut maka di adakanlah di Gugus depan masing masing.


"Mungkin nanti setelah mereka lulus dari pembelajaran ini,nanti akan di adakan perkemahan seluruh gabungan gugus depan wilayah Kecamatan,semisal di Perkemahan Mandiangin atau Perkemahan Di Kiram Park itu pun kalau mereka benar benar sudah bisa mandiri." Jelasnya lagi 


Rahmani .M.Pd Dosen UPAYA Banjarmasin juga mengatakan dari pihak kampus UPAYA kegiatan Persami sebagai Program mata kuliah kepramukaan dan sudah ada kordinasi tiap kegiatan selalu di hubungi pihak sekolah SDN Pemurus Baru 2 dan ini sudah berjalan selama 2 tahun.


"Materi perkuliahan Kepramukaan itu untuk prakteknya langsung turun ke sekolah, dan hari ini ada 12 mahasiswa yang di libatkan untuk kegiatan hari ini, dan dari bulan Agustus sudah kami terjunkan di sekolah ini untuk membantu kegiatan kepramukaan sebagai bina damping siswa Sekolah ini disetiap Hari Sabtu." Tutupnya.


Sukarna.S.Pd ketua pelaksana, mengatakan pelaksanaan Perdami hari ini memang sudah terprogram setiap tahun dengan 2 Perguruan tinggi dari UPAYA dan ULM Banjarmasin.


"melibatkan mahasiswa/ wi Sebagai Bimdam dan guru guru di sini,harapannya dengan kegiatan hari ini agar siswa siswa kita ada kelanjutan ke SMP/Tsanawiyah agar tidak canggung karena sudah ada dasarnya, makanya kemahnya kita di sini halaman sekolah tidak di tempat hutan, alam terbuka, dan ini sebagai pengenalan saja." Pungkasnya.


Di dalam kegiatan yang dilaksanakan di SDN Pemurus Baru 2 Banjarmasin, menjadi kesempatan untuk mengasah rasa kebersamaan, manajerial kepemimpinan berkelompok dan didalamnya juga melatih mereka menjadi apa yang tidak mereka dapatkan di rumah itu bisa mereka lakukan kegiatan Persami ini di bagi menjadi 9 regu dari siswa laki laki dan 7 regu dari siswi Perempuan. (@DW)

0/Post a Comment/Comments