Kalseltoday.com, Banjarmasin - .Pasar Budaya Racah Mampulang Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, dikunjungi oleh Pengurus dan Anggota Sanggar Galuh Pelaihari.


Sanggar Galuh  menyambangi Pasar Budaya Racah Mampulang Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, untuk melihat kesenian yang dilestarikan di desa yang banyak mendapat penghargaan di bidang budaya tersebut.


Kegiatan ini bertema "Menari Sebagai Pelestari Budaya” , disambut baik oleh Pengelola Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida. Turut berhadiDewan Kesenian  Daerah Kabupaten Balangan, Minggu (15/10/2023).


Kegiatan ini dalam rangkaian HUT ke 12 Sanggar tersebut, yang disebutkan Maulidah selaku Pengurus Sanggar, pihaknya berkolaborasi untuk menampilkan dan mempublikasikan budaya daerah, khususnya bidang tari-tarian tradisional.


Selain itu, melestarikan kebudayaan tarian daerah, akulturasi dan pencerdasan wawasan budaya daerah kepada masyarakat. 


Membuat tarian daerah tradisional yang bercirikan Kabupaten Tanah Laut pada khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya.


"Kami berharap penampilan tarian daerah ini akan memperoleh manfaat yang dapat kita rasakan yaitu anak-anak ataupun generasi muda akan tertarik untuk mempelajari tarian daerah, serta banyak yang mengetahui tarian tradisional," ujarnya.*