Kalseltoday.com, Banjarmasin - PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub regional Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Penyaluran Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Tahun 2023, Selasa (28/11/2023) 


Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Pelindo Banjarmasin ini dihadiri oleh Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina, yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Machli Riyadi, serta perwakilan dari Bea Cukai, KSOP, Camat Banjarmasin Barat, Lurah Telaga Biru, dan para Penerima Bantuan.


CEO PT. Pelabuhan Indonesia (Persero Sub Regional Kalimantan Head), Sugiono, menyatakan bahwa program "Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan 2023" adalah merupakan inisiatif tahunan untuk menunjukkan tanggung jawab sosial perusahaan terutama terhadap masyarakat di sekitar area pelabuhan.


"Program ini merupakan komitmen kami kepada masyarakat sekitar area pelabuhan untuk mencerminkan kepedulian kami kepada sesama, kami berharap dengan inisiatif ini masyarakat sekitar pelabuhan bisa mendapatkan manfaat dan perhatian dari manajemen, khususnya dari PT. Pelindo,”ujarnya kepada awak media. 


Ia menambahkan bahwa untuk di Banjarmasin sendiri PT. Pelindo telah mengalokasikan dana sekitar 1,1 miliar lebih tahun ini, yang mana dana tersebut diarahkan kepada sekolah, yayasan, panti asuhan, dan UMKM. 


"Kami memberikan bantuan kepada berbagai segmen masyarakat, seperti ke sekolah-sekolah, yayasan, panti asuhan dan UMKM”tambahnya.



Lebih rinci Sugiono mengatakan, total dana yang terkumpul untuk seluruh wilayah Kalimantan mencapai 2,7 miliar, mencakup Kalimantan Selatan dan Tengah, termasuk Sampit, Batulicin, Kotabaru, dan Kumai.


Sementara itu Wali Kota Banjarmasin dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Machli Riyadi, menyatakan apresiasi dan penghargaan luar biasa atas upaya PT Pelindo Sub Regional Kalimantan.


"Atas nama Pemerintah Kota Banjarmasin, kami sangat mengapresiasi PT Pelindo Sub Regional Kalimantan karena melaksanakan kebijakan CSR, berbagi tanggung jawab sosial dan inisiatif lingkungan dengan berbagai pemangku kepentingan.”ucapnya.


Machli lebih menekankan bahwa hal ini sejalan dengan konsep yang diperkenalkan oleh Wali Kota, dikenal sebagai ABCGM atau Save Development, menggunakan pendekatan Pentahelix. 


Ini melibatkan partisipasi aktif dari bisnis dalam membangun Banjarmasin, sebagaimana yang ditunjukkan oleh inisiatif berbagi PT. Pelindo.


"Kontribusi Pelindo hari ini sangat bermanfaat, selain membantu masyarakat yang kurang mampu, Pelindo juga turut mendukung fasilitas layanan publik seperti sekolah, puskesmas, dan masjid. Kami menyatakan rasa terima kasih yang sangat besar untuk ini,”tutupnya. (ufx)