Kalseltoday.com, Banjarbaru - Panitia kongres umat Islam Banua II mengadakan diskusi / kajian pra kongres Minggu 6 Nopember 2022 bertempat di Jalan Batu terapi No 68 Banjarbaru dengan tema Mengkokohkan Kembali Ukhuwwah Islamiyah Demi Tegaknya Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Melalui Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam Banua.


Diskusi/Kajian yang di laksanakan di sekretariat panitia ini di hadiri oleh Ormas Islam, Akademisi, Guru, Ustadz, Ulama, Tuan Guru, Pelajar, Mahasiswa, Pengurus Masjid/Pesantren dan beberapa Masyarakat terdekat.


Pembicara dalam diskusi/kajian ini adalah Bapak Ustadz Agus Salim Matondang (pakar pemberdayaan ekonomi umat).


Dalam hal ini Beliau memaparkan bahwa presentase populasi muslim di Indonesia sangat besar di bandingkan negara lain tetapi yang menjalankan roda perekonomian di Indonesia justru tidak banyak dari umat Islam itu sendiri. 238,49 juta jiwa (87,2 % dari 273,5 juta jiwa penduduk Indonesia)


Dalam melakukan usaha harus ada persepsi dulu untuk melakukan pergerakannya bisa berkolaborasi supaya lebih cepat pergerakannya dengan pihak swasta dan pemerintah atau pihak manapun yang bisa menunjang usaha itu. Kemudian fokus dengan jemaah Masjid atau Musholla yang banyak kita lakukan sosialisasi agar jemaah betul-betul menyadari bahwa pentingnya sektor ekonomi di benahi oleh umat Islam.


Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam Banua di awali persamaan arah pandang para tokoh, para aktipis untuk memahami masalah tentang kesulitan Ekonomi.kemudian setelah ada persamaan pandangan baru di adakan rembuk dan lokakarya.selanjutnya di sosialisasikan ke kalangan jemaah untuk menjadi pelaku bisnis .


Penulis : Kin

Editor. : admin