Banjarmasin – Dalam upaya memperketat pengawasan dan pemutakhiran data pemilih menjelang Pilkada 2024 di Kabupaten Barito Kuala, Bawaslu Batola menjalin kerjasama strategis dengan Dinas Disdukcapil Batola. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua lembaga ini berlangsung pada Senin (08/07/2024) di Hotel Palm Banjarmasin.


Ketua Bawaslu Kabupaten Batola, Muhammad Syaifi, menggarisbawahi pentingnya MoU ini, khususnya terkait validitas data pemilih. “Kami berharap kerjasama ini akan membangun sinergi yang kuat dalam persiapan Pilkada 2024 mendatang,” ujarnya dengan optimis.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Disdukcapil Batola, Akhmad Wahyudi, mengungkapkan bahwa pihaknya telah berdiskusi panjang lebar dengan Ketua Bawaslu Batola mengenai data pemilih. “Sesuai tugas kami, Disdukcapil akan menyediakan data pemilu yang akurat dan valid,” tegasnya.


Wahyudi, yang akrab disapa Pa Wawah, juga menekankan pentingnya verifikasi untuk menghindari data ganda yang bisa berakibat pada pemilih yang dapat mencoblos dua kali. “Dengan kerjasama ini, kami bisa memastikan data pemilih yang akurat dan terpercaya,” pungkasnya.


Langkah ini diharapkan dapat memperkuat integritas dan kredibilitas Pilkada 2024 di Kabupaten Barito Kuala, serta memastikan tidak ada celah bagi kecurangan data pemilih. (Lenka)