Melalui Festival Nan Sarunai Kenalkan Batik Tabalong ke Berbagai Kalangan


Kalseltoday.com,  Banjarmasin -  Festival 'Nan Sarunai' yang di gelar Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang memperkenalkan aneka batik Tabalong kreasi pengrajin asal 'Bumi Saraba Kawa' dengan tema Batik Tabalong Ethnic serta pameran produk UMKM asal Tabalong bertempat di Duta Mall Banjarmasin Minggu, (15/10/2023).


Acara yang di hadiri langsung oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani serta Pihak Perusahaan Adaro Energy dan Forkopimda.


Ia mengatakan festival Nan Sarunai ini menjadi ikhtiar bersama untuk wujudkan Kabupaten Tabalong sebagai pintu gerbang atau serambi depan gerbang IKN.



"Festival Kick Off' Nan Sarunai' yang di selenggarakan ini adalah ajang kita mengenalkan budaya dan kreasi Tabalong sekaligus mewujudkan Tabalong sebagai pintu gerbang atau serambi depan IKN," jelasnya.


Juga ia berapresiasi dan bangga kini batik Tabalong telah merambah pasar nasional hingga internasional," tambahnya lagi.


Anang Syakhfiani mengungkapkan, batik Tabalong melengkapi khazanah kain sasirangan dengan berbagi motif yang bisa menjembatani budaya Banjar dan Dayak di Kabupaten Tabalong yang beberapa saat lagi di bulan Desember, yang akan tinggalkannya karena masa jabatan sebagai Bupati akan berakhir.


Motif dasar Kreasi Batik Tabalong yang berupa gigi harus, Kelabang, serta Langsat Tanjung ini sebenarnya di launcing sejak 2016, Festival Nan Sarunai yang di dukung dana CSR PT Adaro Indonesia ini diharapkan bisa memajukan UMKM lokal khususnya perajin batik Kabupaten Tabalong.



Firmansyah Kepala Department Head CSR PT Adaro Indonesia mengatakan, UMKM yang mendukung festival Nan Sarunai juga UMKM binaan PT Adaro Indonesia dan mitra kerja bersama Pemerintah Kabupaten Tabalong.


"Ada sekitar 80 UMKM binaan Adaro mulai usaha makanan, minuman serta pengrajin batik Tabalong," ungkap Firman.


Ia pun berharap Festival ini memajukan UMKM  batik Tabalong agar lebih maju dan dikenal di berbagai kalangan serta terus berkembang nanti.


Turut berhadir Nurul Fajar Desira, mewakili dubernur Kalsel asisten I bidang pemerintahan dan kesra setda provinsi Kalsel menyampaikan rasa bangga akan keindahan dan daya tarik batik Tabalong oleh gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.


"Batik Tabalong menambah corak kain khas sasirangan dan  bukti peran Tabalong  sebagai gerbang IKN dan itu patutlah kita berbangga." Tutupnya.


Festival Kick Off Nan Sarunai yang di mulai sejak pukul 13.00 Wita dan berakhir hingga pukul 21.00 Wita pun berjalan dengan Sukses dengan pangelaran Kids Fasion batik Tabalong dan Pesona Batik Tabalong juga di hibur oleh BigBoss band serta Pandaz. (@DW).

0/Post a Comment/Comments