Peringatan Hari Santri Nasional 2023 dan Penutupan MBS Festival 3.0, PPM Muhammadiyah Boarding School (MBS) Banjarbaru



Kalseltoday.com, Banjarbaru  -  Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) Muhammadiyah Boarding School (MBS) Banjarbaru menyelenggarakan Peringatan Hari Santri Nasional 2023 sekaligus Penutupan MBS Festival 3.0 di Mess L, Dekranasda Banjarbaru pada Minggu, 22 Oktober 2023.


Tema yang diusung dalam MBS Festival 3.0 adalah “Menggali Kreasi, Melambungkan Eksistensi” yang merupakan hasil refleksi dari tema Peringatan Hari Santri Nasional 2023 yaitu “Jihad Santri Jayakan Negeri”.


Pada Peringatan Hari Santri Nasional dan Penutupan MBS Fest 3.0 ini, para santriwan dan santriwati mempersembahkan beberapa penampilan kreasi seni dan budaya seperti Grand Opening Keseharian Santri, Tari Islami Kreasi, Drama Kabaret, Nasyid, dan Atraksi Tapak Suci. 


MBS Festival 3.0 merupakan MBS Festival yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh PR IPM MBS Banjarbaru. 3.0 diambil untuk melambangkan bahwa MBS Festival kali ini merupakan pelaksanaan yang ke 3 sejak MBS Banjarbaru berdiri.


Sebelumnya pada 19-21 Oktober 2023, seluruh santri mengikuti perlombaan yang merupakan rangkaian dari MBS Festival 3.0. Perlombaan tersebut antara lain, tahfidz juz 1, tahfidz juz 30, pidato bahasa Inggris-Arab-Indonesia, story telling bahasa Inggris-Arab, panahan, cerdas cermat, fashion show, puisi, kaligrafi Mahfudzot, dan poster lingkungan.


Nadhea Isma Arsyita sebagai ketua pelaksana kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional 2023 dan MBS Festival 3.0 menjelaskan, tema MBS Festival 3.0 diambil berdasarkan analisis dan kegelisahan atas banyaknya bakat santriwan dan santriwati yang terpendam. Berangkat dari kegelisahan tersebut, PR IPM MBS Banjarbaru menghadirkan wadah bagi para Santriwan dan Santriwati untuk menggali kreativitas dan menunjukkan bakat mereka, agar bisa diapresiasi, menjadi hiburan dan pelajaran, serta dapat eksis di internal maupun eksternal PPM MBS Banjarbaru.


Nadhea mengakui bahwa dalam perjalanannya, kegiatan tentunya memilki lika liku tersendiri baik dari internal maupun eksternal panitia pelaksana. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat panitia pelaksana untuk menyukseskan kegiatan ini.


Ketua Umum PR IPM Putri MBS Banjarbaru, Yasmin Widi Azaria sangat mengapresiasi panitia pelaksana yang telah menuntaskan misi “Jihad Santri, Jayakan Negeri” yang termanifestasikan dalam kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional dan MBS Festival 3.0. “Harapannya, santri dapat terus berkarya dan berdaya di bidangnya masing masing dan akan lahir MBS Festival selanjutnya yang semakin berkemajuan dan menunjukkan identitas santri PPM MBS Banjarbaru” kata Yasmin.


“Paling tidak kita punya ciri khas pondok pesantren, yang kita kembangkan ada 3 yaitu Bahasa Arab-Bahasa Inggris, Tahfidz, dan membaca kitab kuning. Itu yang akan kami tekankan untuk kedepannya dalam mewujudkan kader pemimpin” ujar Drs. Fasih Wibowo, M.Si selaku Direktur PPM MBS Banjarbaru, terkait harapan untuk seluruh santri terutama di PPM MBS Banjarbaru.


Acara ini ditutup oleh Ustadz Muhazir Fanani, S.ThI selaku Wakil Direktur PPM MBS Banjarbaru. Muhazir menyampaikan, Event tahunan ini diharapkan mampu menggali kreativitas yang dimiliki oleh para santri yang tertanam di dalam diri masing-masing. Dari MBS Fest ini pula diharapkan minat Bakat para santri dapat terus diasah melalui berbagai cabang lomba yang dilaksanakan.


“Terkhusus bagi para panitia yang mengorganisir terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan MBS Fest ini diharapkan menjadi pengalaman yang berarti dalam melakukan manajemen organisasi dan tata kelola dalam pelaksanaan sebuah kegiatan. Yang mana hal ini diharapkan mampu menjadi bekal bagi para panitia atau pengurus PR IPM dalam menghadapi fase kehidupan di masa yang akan datang”, lanjut Muhazir.


Acara ini dihadiri sekitar 200 orang yang merupakan Santriwan dan Santriwati PPM MBS Banjarbaru, Ustadz Ustadzah PPM MBS Banjarbaru, Wali Santri PPM MBS Banjarbaru, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Banjarbaru, serta Ortom Muhammadiyah Kota Banjarbaru.


Peringatan Hari Santri Nasional 2023 dan Penutupan MBS Fest 3.0 oleh PR IPM MBS Banjarbaru ini didukung oleh Bank Kalsel, Danawa Studio, LazisMu Al-Ummah, Amalia Sound, dan Dekranasda Kota Banjarbaru.***

0/Post a Comment/Comments