BARABAI - Sertu Juniansyah Babinsa Koramil 1002-04/Labuan Amas Selatan jalin komunikasi sosial dengan Hasan petani sayur sawi binaan. dengan mengunjungi langsung di kebun yang berada di Desa Sungai Jaranih Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Sabtu (08/06/2024).


Seperti yang diketahui, sayur sawi menjadi sayuran seperti Bayam, Sawi dan Kangkung yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Kaya akan kandungan vitaminnya dan protein yang sangat baik bagi tubuh. Biasanya sayur Sawi, Bayam dan Kangkung dapat diolah menjadi masakan sehari-hari ataupun sebagai bahan campuran olahan sayur di warung, rumah makan maupun restoran.


Hasan mengatakan, bersama keluarga memilih untuk berbudidaya tanaman sayuran Bayam, Sawi dan Kangkung seluas kurang lebih 3 borongan, karena cukup menghasilkan. pihaknya hingga saat ini dapat memenuhi permintaan sayur sayuran di pasar Pantai Hambawang


Guna mendorong semangat untuk mengembangkan budidaya tanaman sayur sayuran, Sertu Juniansyah Babinsa Koramil 1002-04/Labuan Amas Selatan memberikan semangat supaya Pak Hasan sekeluarga mempertahankan budidaya tanaman sayur di lahan yang biasa dikelola.


Selain itu, ia mengatakan bahwa sayuran yang telah siap panen harus segera dipanen kemudian didistribusikan secepatnya mencegah penjualan dalam kondisi layu. Untuk itu, ia menyarankan agar Pak Hasan memperbanyak relasi lapak sayur hingga luar wilayah Kecamatan Labuan Amas Selatan, seperti pasar Keramat Barabai yang merupakan pasar induk Kabupatn Hulu Sungai Tengah agar percepatan dalam pendistribusian hasil panen sayuran.


 “Penjualan hasil panen harus dalam kondisi sayuran yang masih segar. Supaya sehat untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” pungkasnya. (FR).