Selamat Datang Sultan Malaka Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam di Banjarmasin

Rapat terakhir pemantapan di kediaman walikota (Ist : M Risanta)

Banjarmasin – Selamat Datang Sultan Malaka Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam di Banjarmasin. Pria yang juga Presiden Dunia Melayu Dunia Islam dipastikan akan melawat ke Banjarmasin, 29-30 Maret 2024. Hal ini berkaitan dengan Majelis Tilawah Al-Quran Antar Bangsa ke-14 dan Pelantikan Pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Kalimantan Selatan.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mendapat mandat menjadi Ketua umum DMDI Kalsel. Pria yang merupakan Wali Kota Banjarmasin bersama pengurus lainnya dikukuhkan dan dilantik Yang di-Pertua Negeri Malaka Malaysia, di Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (30/03/2024).

Kabar ini pun mengemuka kembali saat digelarnya Rapat Pemantapan Panitia Pelaksana Majelis Tilawah Al-Quran Antar Bangsa dan Pelantikan DMDI Kalsel, di Kediaman Wali Kota Banjarmasin, Minggu siang (24/03/2024).


Keseriusan penyambutan kedatangan Sultan Malaka, yang merupakan Presiden Dunia Melayu Dunia Islam ini, setelah mendapat garansi dari Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia, Said Aldi Al Idrus.

Rapat sendiri dipimpin langsung Ibnu Sina untuk mengetahui persiapan akhir penyambutan tamu spesial, mulai Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam (Presiden DMDI), Syafrudin (Wakil Presiden DMDI), Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia, Said Aldi Al Idrus, Gubernur dan Bupati serta Wali Kota Se-Kalsel.

“Banjarmasin sendiri siap menyambut kedatangan Presiden Dunia Melayu Dunia Islam yang juga Sultan Malaka, Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam, tamu VIP lainnya, untuk pembukaan Majelis Tilawah Al-quran Antar Bangsa dan Pelantikan Pengurus DMDI Kalsel. Insya Allah sesuai rundown acara dan kabar langsung dari Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia, Said Aldi Al Idrus, maka kita mantapkan kembali persiapan-persiapan menuju hari-H,” ujar Ibnu Sina di sela-sela Rapat Pemantapan Panitia Pelaksana Majelis Tilawah Al-Quran Antar Bangsa dan Pelantikan DMDI Kalsel.

"Jika sesuai schedule dan kabar langsung Ketua Umum DMDI Indonesia, dipastikan  Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam/Yang di-Pertua Negeri Malaka, Malaysia ini akan tiba di Banjarmasin sesuai jadwal," bebernya.

Sehari setelah melantik Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina pada Sabtu (30/03/2024), Presiden DMDI akan bertolak ke Balikpapan , Minggu (31/03/2024) melakukan kegiatan serupa, melantik Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas'ud sebagai Ketua DMDI Provinsi Kaltim.

“Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam, sangat mengapresiasi terbentuknya Kepengurusan Dunia Melayu Dunia Islam Kalsel.Beliau berharap Ketua DMDI Kalsel yang akan dilantik nantinya, agar dapat bersinergi dengan DMDI di seluruh Indonesia dan DMDI Dunia,” ungkap Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia, Said Aldi Al Idrus, dalam keterangan resminya usai bersilaturahmi dengan Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam dan  jajaran pengurus di Istana Raja Malaka, Malaysia, Sabtu (23/3/2024).

Tun Seri Setia juga meminta jajaran penguru DMDI Kalsel juga tetap berkoordinasi dengan Ketua Umum DMDI Indonesia Said Aldi dalam setiap menjalankan program kerja organisasi ini. 

Karena DMDI sendiri memiliki satu tujuan yang mulia dalam setiap program kerja yang dijalankan yakni mempercepat pembangunan dan kemajuan suku, adat dan budaya Melayu diseluruh negara yang telah terbentuk DMDI di 23 negara , termasuk pengurus DMDI di Indonesia.

Tun Seri Mohd Ali Rustam juga mengingatkan bagaimana DMDI selalu tetap berupaya menjadi garda terdepan dalam setiap adanya masyarakat yang membutuhkan bantuan. Sebab, program kerja DMDI itu memfokuskan pada bidang ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, sosial, dakwah, tanggap bencana dan ketahanan pangan. Maka dari itu melalui silatuhrami ini.

“Saya berpesan agar pengurus DMDI Kalsel Kaltim yang akan dilantik nantinya, bisa bekerja menjalankan program yang telah ditetapkan. Karena tujuan program kerja kita selalu mengedepankan aksi-aksi sosial dan kemanusiaan,” pungkasnya.(Tim)

0/Post a Comment/Comments