Banjarmasin - 11 Juni 2024 - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin beserta jajaran terkait melakukan kunjungan ke Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih Selatan pada hari Selasa (11/6) pagi. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau kesiapan RPH dan hewan kurban dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H.


Rombongan Forkopimda yang dipimpin oleh Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota (Wakapolresta) Banjarmasin bersama Wakil Walikota Banjarmasin, disambut oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin, serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin.


Dalam kunjungan tersebut, Forkopimda melakukan dialog dengan para stakeholder terkait kesiapan RPH dalam menampung hewan kurban dan proses pemotongan yang sesuai dengan syariat Islam. Selain itu, rombongan juga meninjau langsung kondisi hewan kurban yang ada di kandang RPH Basirih Selatan.




Berdasarkan hasil peninjauan, Forkopimda menyatakan bahwa RPH Basirih Selatan siap untuk menampung dan memotong hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Hewan kurban yang ada di RPH juga dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban.


Wakapolresta Banjarmasin menghimbau kepada masyarakat yang ingin membeli hewan kurban untuk melakukannya di RPH yang resmi dan terdaftar di Dinas terkait. Hal ini untuk memastikan kesehatan dan kualitas hewan kurban yang akan disembelih.


"Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin membeli hewan kurban agar membeli di RPH yang resmi dan terdaftar di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Banjarmasin. Hal ini untuk memastikan kesehatan dan kualitas hewan kurban yang akan disembelih," ujar Wakapolresta Banjarmasin.


Kunjungan Forkopimda ke RPH Basirih Selatan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H. ***