Kalseltoday.com, Fabio Quartararo keluar sebagai juara MotoGP Jerman 2022, Minggu (19/6/2022) malam WIB. Pembalap Monster Energy Yamaha itu tidak terkejar sepanjang 30 putaran di Sirkuit Sachsenring, Hohenstein-Ernstthall.Jalannya Balapan

Start balapan berlangsung mulus. Fabio Quartararo langsung melesat dan merebut posisi terdepan dari Francesco Bagnaia di tikungan pertama. Sementara itu, Aleix Espargaro mengekor di belakang keduanya.

Bagnaia berhasil menyalip Quartararo di tikungan pertama pada lap kedua. Namun, sang juara dunia MotoGP 2021 kembali mengambil tempatnya di posisi terdepan, meski kedua pembalap sempat bersenggolan.

Manuver berani dilakukan Johann Zarco di waterfall dengan menyalip Espargaro dalam kecepatan tinggi! Posisi dua berhasil diambilnya dari tangan pembalap asal Spanyol itu. Di depan, Quartararo dan Bagnaia masih terus saling pepet.

Bencana untuk Bagnaia! Pembalap asal Italia itu terjatuh pada putaran keempat di tikungan satu. Alhasil, dia tidak bisa melanjutkan balapan. Sementara itu, Zarco dan Espargaro mendapat durian runtuh.

Memasuki putaran ke-10, Quartararo masih belum mampu dikejar Zarco. Selisih El Diablo dengan kompatriotnya itu hanya 1,2 detik saja. Perlahan-lahan, sang pemimpin klasemen MotoGP 2022 berusaha membuka jarak.

Posisi Quartararo masih tidak ada gangguan berarti hingga pertengahan balapan. Dia malah bisa merentang jarak menjadi 2 detik dengan Zarco! Di sisi lain, Jack Miller yang terkena long-lap penalty, sanggup merebut posisi empat dari tangan Vinales di putaran ke-18.

Miller sempat mencoba menyalip Espargaro untuk posisi tiga di tikungan pertama pada putaran ke-23. Upaya tersebut gagal lantaran sang pembalap asal Australia melebar. Di depan, Quartararo sudah lebih cepat 3 detik lebih dari Zarco.

Hingga bendera finis berkibar, Quartararo tidak terkejar oleh pembalap-pembalap di belakangnya. Dia membawa pulang 25 angka, diikuti oleh Zarco, dan Miller di posisi tiga yang mampu menyalip Espargaro ketika lomba menyisakan tiga putaran.

Berikut Hasil MotoGP Jerman 2022:

1.Fabio Quartararo FRA Monster Energy Yamaha 30 lap

2. Johann Zarco FRA Pramac Ducati

3. Jack Miller AUS Ducati Lenovo

4. Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing

5. Luca Marini ITA Mooney VR46 Racing Team

6. Jorge Martin SPA Pramac Ducati

7. Brad Binder RSA Red Bull KTM

8. Fabio di Giannantonio ITA Gresini Racing

9. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM

10. Enea Bastianini ITA Gresini Racing

11 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Racing Team

12. Raul Fernandez SPA KTM Tech3

13. Franco Morbidelli ITA Monster Energy Yamaha

14. Andrea Dovizioso ITA WithU Yamaha RNF

15. Remy Gardner AUS KTM Tech3

16. Stefan Bradl GER Repsol Honda.

(sum: sportstar.com)