Foto istimewa

Kalseltoday.com, Banjarmasin - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-29, akan dilangsungkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 10-19 Oktober 2022.


Perhelatan akbar yang mengambil tema "Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Quran untuk Mewujudkan Masyarakat Relijius dan Moderat" ini, rencananya akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 12 Oktober 2022 dan akan disiarkan langsung secara Nasional di TVRI Nasional.

 

Menurut Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, peran umat Islam dalam mewarnai keberagaman Indonesia tidak dilepaskan dari spirit Al-Quran yang begitu membumi. Al-Quran begitu melekat dengan kehidupan bangsa Indonesia.


"Hal ini bisa dilihat dengan semaraknya pengajian-pengajian di Mushala, Masjid, bahkan di rumah-rumah. Al-Quran adalah gerbang menuju pembentukan peradaban manusia seutuhnya," kata Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, Minggu (9/10/2022).


Menurut Menag, mengenalkan Al-Quran kepada para calon penerus bangsa, telah menjadi tradisi dan budaya Nusantara. Salah satunya adalah penyelenggaraan MTQ.


MTQ kini tak lagi sebatas kegiatan keagamaan melainkan telah menjadi tradisi yang semua pihak ikut, bahkan yang berbeda keyakinan pun, ikut serta menjadi bagian dari pelaksanaannya.


Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, berharap pelaksanaan MTQ Nasional XXIX 2022 berjalan lancar dan sukses.


"Semoga Kalimantan Selatan bisa menjadi tuan rumah yang baik dan memuaskan kafilah dari berbagai provinsi di Indonesia ," kata Gubernur Sahbirin Noor.


Berbagai langkah dilakukan Pemprov Kalsel untuk menyukseskan penyelenggaraan MTQ ke-29, yang akan diikuti kafilah dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Pembukaan MTQ Nasional ke-29 akan berlangsung di Kiram Park, Kabupaten Banjar. 


Progres persiapan hingga saat ini sudah berlangsung 85%. Untuk mendukung kegiatan MTQ Nasional XXIX 2022 kali ini, TVRI Kalimantan Selatan dan TV swasta Nasional juga menyiarkan program yang bertajuk Road To MTQ Nasional XXIX yang menayangkan progress seputar pariwisata, UMKM dan budaya Kalimantan Selatan. 


Peyelenggaraan MTQ Nasional merupakan kedua kalinya diselenggarakan di Banjarmasin. Setelah MTQ ke-3 tahun 1970, maka tahun ini kembali kota Banjarmasin menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-29 yang akan di laksanakan pada 10 - 19 Oktober 2022. (Tim)