Kalseltoday.com, Banjarmasin –Ahli waris Hak cipta lagu karya (alm) Anang Ardiansyah, Riswan Irfani menyerahkan langsung karya alm Anang Ardiansyah kepada pembina MLS Foundation, HM Lutfi Saifuddin. 


Pengurusan hak cipta ini sepenuhnya dilakukan oleh MLS Foundation bersama Legalize.idn yang merupakan Perusahan jasa pengurusan berbagai perijinan termasuk HAKI dan Hak Cipta.


"Semua yang diberikan ini adalah sebagai apresiasi dan penghargaan kepada Alm H Anang Ardiansyah yang semasa hidupnya telah banyak berkarya namun belum sempat mendaftarkan hak ciptanya, " jelas Lufi. 


Kata dia, penghargaan ini adalah keharusan, agar tidak ada pihak lain yang mengambil manfaat dan hasil- hasil karya pengarang aslinya. 


"Sesuai peraturan yang berlaku bagi Pencipta yang telah meninggal dunia maka tertera dalam sertifikat hak cipta langsung ke ahli waris, namun dalam keterangan yang terdaftar di Kemenkumham adalah nama asli penciptanya yang telah meninggal dunia tersebut, " jelasnya. 


Sementara itu, Pimpinan Legalize. Idn, M Azmi Saifuddin menyampaikan, pihaknya bakal mensosialisasikan pentingnya Hak Cipta dan siap bekerja sama dengan para pencipta karya seni lainnya di Kalsel.


“Dikarenakan Alm H Anang Ardiansyah sudah tiada, maka dari itu untuk menjaga kepemilikan dan hak dari pencipta serta ahli warisnya maka kami melakukan perlindungan Hak Cipta lagu tersebut yang sudah diserahkan kepada ahli waris sekaligus anak kandung beliau yakni H Riswan,” tuturnya. 


Dalam Proses pendaftaran hak cipta ini juga secara intensif melakukan konsultasi dan diskusi dengan Legalize.IDN, kantor Konsultan Hukum, yang melakukan Pendampingan Pendaftaran Hak Cipta ini.


Diketahui bahwa dalam Proses Pengajuan dilakukannya Pendaftaran Hak Cipta ini, bahwa lagu tersebut hanya dapat didaftarkan dengan Data Syarat KTP, NPWP, dan Email yang valid. Dikarenakan Alm. H. Anang Ardiansyah sudah meninggal pada beberapa tahun yang lalu, maka proses pendaftaran dan legalitas administrasi di serahkan kepada Ahli Waris beliau yakni H Riswan.


“Namun tanpa mengurangi rasa hormat kepada beliau, kami juga mencantumkan Deskripsi Ciptaan dalam Proses Pendaftaran yakni Lagu Daerah Kalsel dan Suku Banjar Ciptaan Alm H Anang Ardiansyah yang dapat dilihat langsung oleh seluruh dunia dan masyarakat Indonesia bahwa Lagu Paris Barantai yang dimana data kepemilikan dan Ciptaannya adalah Ahli Waris beliau,namun tetap kami nyatakan dan umumkan bahwa ini adalah hasil karya dan ciptaan Sang Maestro H. Anang Ardiansyah, “jelasnya. (Tim)