'Museum Kota Banjarmasin' Muara Kelayan Segera Diresmikan

foto istimewa

Kalseltoday.com, Banjarmasin - Ada tempat baru bagi warga Kota Banjarmasin yang ingin melihat benda benda pusaka tak lama lagi akan memiliki sebuah museum. Namanya adalah, Museum Kota Banjarmasin, bangunan yang berlokasi di kawasan Muara Kelayan, Kelurahan Kelayan Barat, Kota Banjarmasin ini akan diresmikan dalam waktu dekat, Kamis (12/01/2023)


Hal ini disampaikan Iwan Fitriyadi, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Banjarmasin, peresmian akan dilakukan menunggu instruksi Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina. 


Museum Kota Banjarmasin dibangun dengan anggaran tiga miliyar lebih, yang dananya berasal dari APBD Kota Banjarmasin, di lansir banjarmasinpost.co.id.


Anggaran tersebut, diketahui hanya untuk pembelian rumah dan pembangunan museum. 


"Alhamdulillah sudah selesai, tinggal peresmian museum tinggal menunggu arahan pak wali kota dan selesai sesuai target," ucap Iwan, Selasa,10 Januari 2023.


Adapun untuk isi dari museum pihak Disbudporapar akan melakukan kordinasi kembali dengan dinas terkait, seperti Dinas Pendidikan hingga ke museum Nasional, "Untuk isi atau barang yang dipamerkan di Museum, ada sekitar 70an benda pusaka yang bisa dibilang dihibahkan dan ditempatkan di sana oleh Tokoh Masyarakat," tutup Iwan. 


Bangunan yang mengadopsi desain rumah Banjar ini memang belum bisa dilihat secara leluasa, sekelilingnya masih diberi pagar seng setinggi hampir 2 meter serta plang rincian proyek yang diletakkan di bagian kanan bangunan. *

0/Post a Comment/Comments