Puluhan Rumah Terendam Akibat Tanggul Sungai di Mlipak Wonosobo Jebol

Foto istimewa

Kalseltoday.com, Wonosobo - Tanggul sungai di Kelurahan Mlipak, Kabupaten Wonosobo, jebol sore ini. Air sungai yang masuk ke permukiman warga membuat puluhan rumah terendam hingga mengalami kerusakan.


"Tingginya curah hujan di Wonosobo membuat tanggul sungai di Kelurahan Mlipak Jebol. Kejadiannya tadi sekitar jam 15.30 WIB," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Bambang Trie seperti di kutip dari detikJateng, Rabu (4/1/2023).


Akibat kejadian ini, air sungai masuk ke rumah-rumah warga. Berdasarkan hasil pendataan sementara, 30 rumah warga terendam banjir. Beberapa di antaranya rusak.


"Air sungai yang masuk ke pemukiman warga ini juga masuk ke rumah-rumah warga. Ada lebih dari 30 rumah yang digenangi banjir dan ada juga yang temboknya jebol. Sementara ini ada 26 rumah yang rusak akibat banjir ini," terangnya.


Sementara ini, warga tengah melakukan penyelamatan perabotan rumah. Bambang menyebut masyarakat hingga kini belum mengungsi.


"Sementara ini belum ada pengungsian. Perabotan yang terendam masih bisa diungsikan," kata Bambang.


Kebutuhan mendesak saat ini adalah alas yang nantinya digunakan para pengungsi untuk tidur. Seperti terpal, tikar, dan karpet.


"Rumah yang kena banjir ini memang perabotan basah. Jadi kami mempersiapkan alas seperti tikar, terpal atau karpet," tambahnya. (DHI)

0/Post a Comment/Comments