Polres Batola Pengamanan Kegiatan Haul Ke-8 Almarhum H. Abdussamad Sulaiman HB


Kalseltoday.com, Batola - Polres Batola lakukan pengamanan kegiatan haul ke-8 Almarhum H. Abdussamad Sulaiman Bin H. Basirun Tahun 2023 bertempat di Kubah Datu Abdussamad Jl Veteran Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala (Batola), Senin (20/03/2023) pukul 08.30 Wita.


Melalui Kasi Humas Polres Batola AKP Abdul mlMalik SE mengatakan," kegiatan di hadiri oleh perwakilan MPR / DPR RI, DPD RI & DPP Partai Golkar, Perwakilan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan Gubernur Kalimantan Selatan, Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, Wakil Direktur PAMOBVIT Polda Kalimantan Selatan AKBP Gusti Maychandra S.I.K, Perwakilan Dewan Kehormatan DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan Dewan Pakar DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan Pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan TNI Angkatan Laut, Angkatan Udara, Dan Angkatan Darat, PJ Bupati Kab. Batola Mujiyat, S.Sn.,M.Pd., Sekda Kab. Batola Ir H Zulkipli Yadi Noor MSc, Ketua DPRD Kab. Batola Saleh, Kapolres Batola AKBP DIAZ SASONGKO, S.I.K M.H, Dandim 1005/Marabahan Letkol Inf. Kadirman Gultom, S.I.P, M.I.P, Ketua Pengadilan Agama Negeri Barito Kuala Maya Gunarsih S.H.I, Perwakilan Kajari Batola, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab Batola Anwar Hadimi. S.Pd., M.Pd, Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf, KH Muhammad Qomarudin, Habib Ali Zainal Abidin,Habib Quraisy Baharun, Ustadz H Ahmad Sanusi Ibrahim, Pimpinan Ponpes Al Mujahidin Marabahan Ustadz Kadar, Para Tokoh Agama Kab.Batola, Masyarakat atau Jemaah kurang lebih berjumlah 3.000 orang


Sebelum kegiatan dimulai terlebih dahulu dibacakan susunan acara, Pembukaan, Pembacaan Ayat Ayat Suci Al Quran, Sambutan Dari H Hasnuryadi Sulaiman SE, Sambutan Dari Perwakilan Gubernur Kalimantan Selatan, Pembacaan Surah Yasin, Tahlil & Dan Doa Haul, Tausiyah, Pembacaan Syair Syair Maulid Al Habsyi, Penutup


H Hasnuryadi Sulaiman dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh undangan, khususnya para habaib dan ulama. juga memohon maaf kepada masyarakat umum karena undangan acara haul terbatas. Almarhum banyak berkontribusi untuk banua juga dengan masyarakat, ulama, habaib, umara, dan keluarga, ini yang harus kita contoh.


Atas nama keluarga besar abah tercinta Haji Abdussamad Sulaiman bin Haji Basirun dan mama hajjah Nur Hayati binti Anang Dulah kami mengucapkan terimakasih atas kehadirannya, baik secara fisik maupun virtual, dan memohon doa mudahan abah dan mama tercinta diberikan tempat yang mulia di sisi Allah. Kami juga mohon doa dan bimbingan seluruh masyarakat banua tercinta agar kami mampu mengamalkan apa yang telah yang dicontohkan almarhum abah mama kami tercinta," ucap Hasnur.


"Saya juga memohon doa kepada masyarakat agar keluarganya bisa terus melanjutkan kebaikan - kebaikan yang selama ini sudah diajarkan dan diamanahkan oleh kedua orangtuanya," pintanta.


Dilain pihak, sambutan dari perwakiln Gubernur Kalimantan Selatan, beliau merupakan seorang pekerja keras yang tak mengenal arti kata menyerah, sosok yang sangat peduli terhadap semua orang serta telah banyak memberikan kebaikan-kebaikan kepada blBanua, khususnya Kabupaten Batola, Almarhum H. Sulaiman semasa hidup bersikap dermawan. Mudah mudahan almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT, karena beliau adalah warga yang luar biasa," ibuhnya.


Nilai perjuangan hidup yang diajarkan oleh Almarhum,“ Beliau mengajarkan semangat kekeluargaan, peduli terhadap sesama dan tidak mudah putus asa". Kita harus bersinergi untuk membangun banua yang kita cintai. Semangat dan cinta kasih beliau selalu hadir," ucapnya.






Berikut merupakan Biografi H. Abdussamad Sulaiman Bin H. Basirun : 

Almarhum H Abdussamad Sulaiman bin Haji Basirun ‘tinggal berdekatan dengan sepupunya, H Asqalani. Itu karena Asqalani tinggal di dekat Kompleks Pemakaman Kubah Datuk Abdussamad, Marabahan, Baritokuala. Sebelumnya, semasa hidup, H Abdussamad Sulaiman lebih banyak di Banjarmasin.

Sejarah pemberian nama Abdussamad Sulaiman oleh orangtua almarhum. Abdussamad diambil dari nama tokoh agama yakni Datuk Abdussamad, cucunya Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.


Sedang Sulaiman, diambil dari nama pengusaha dan tokoh Marabahan.

Bagi masyarakat Batola, sebut mantan anggota DPRD Kabupaten Batola ini, H. Sulaiman HB bukan saja seorang tokoh namun sekaligus sebagai orangtua yang suka membimbing serta mengajarkan dalam berjuang.


Beliau merupakan seorang pekerja keras yang tak mengenal arti kata menyerah, sosok yang sangat peduli terhadap semua orang serta telah banyak memberikan kebaikan-kebaikan kepada banua.


Selama kegiatan dilaksanakan pengamanan dari anggota Polres Batola sesuai dengan Sprint Nomor 412 / III/ PAM.3.3 / 2023 sebanyak 75 personel terdiri dari anggota Polres dan Polsek Jajaran , sebelum pelaksanaan pengamanan dilaksanakan apel kesiapan pengamanan yang dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Batola Kompol I Nyoman Widiarsana, SH.***

0/Post a Comment/Comments