Foto istimewa

Kalseltoday.com, Banjarmasin - Persebaya Surabaya gagal memetik kemenangan di pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024. Menjamu Barito Putera, The Green Force hanya mampu bermain imbang 1-1.


Barito Putera unggul terlebih dahulu di laga ini berkat gol cantik Murilo sebelum Persebaya membalas dengan gol yang tidak kalah cantik melalui Bruno Moreira.


Berkat hasil ini Barito Putera menempati peringkat pertama klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024 dengan raihan empat poin, sementara Persebaya menempati peringakt kedua dengan raihan poin yang sama.


Babak Pertama

Tampil di depan puluhan ribu bonek, Persebaya mengambil inisiatif serangan. Bajul Ijo langsung membombardir pertahanan Barito dengan serangan mereka.


Percobaan pertama di laga ini dibuat oleh Sho Yamamoto yang melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti, namun bola berhasil ditangkap oleh Ega Rizky.


Dua menit berselang Ega Rizky kembali membuat penyelamatan gemilang untuk menghentikan sundulan tepat sasaran Dusan Stevanovic.


Sho Yamamoto kembali membuang peluang emas di menit ke-14. Lolos dari jebakan offside, ia berhasil berhadapan satu lawan satu dengan Ega Rizky namun sayang tembakannya kembali mengarah pas ke pelukan sang kiper.


Asik menyerang gawang Persebaya justru bobol di menit ke-28. Adalah Murilo yang mencatatkan namanya di papan skor setelah tembakan melengkungnya dari sisi kiri masuk ke gawang Persebaya. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Barito Putera.


Dua menit berselang, Murilo nyaris mencetak gol kedua Barito Putera. Namun sayang kali ini tembakan dari sudut sempitnya itu berhasil dipatahkan Ernando.


Persebaya yang meningkatkan intensitas serangan mereka akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-44. Bruno Moreira bergerak di sisi kiri sebelum melepaskan tembakan melengkung yang masuk ke gawang Barito.


Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama.


Babak Kedua

Di jeda pertandingan, Persebaya Surabaya membuat satu pergantian pemain. Wildan Ramdhani ditarik keluar dan digantikan oleh Paulo Victor.


Di babak kedua ini, Barito Putera terlihat mampu mendikte jalannya pertandingan. Mereka menurunkan tempo permainan sehingga Persebaya kesulitan untuk mengembangkan permainan.


Persebaya sebenarnya membuat beberapa peluang. Namun koordinasi lini serang mereka masih belum padu sehingga peluang-peluang tersebut tidak mengancam gawang Barito.


Di akhir babak kedua Persebaya mampu meningkatkan tempo permainan. Namun sayang hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 1-1 bertahan.


Susunan Pemain Kedua Tim

Persebaya Surabaya (4-3-3): Ernando Ari; Reva Adi, Kadek Raditya, Dusan Stevanovic, Arief Catur; Ze Valente, Ripal Wahyudi, Song Ui-young; Bruno Moreira, Wildan Ramdhani, Sho Yamamoto

Pelatih: Aji Santoso


Barito Putera (4-3-3): Ega Rizky; Frendi Saputra, Renan Alves, Caralose de Murga, Bagas Kaffa; Mike Ott, Bayu Pradana, Hasyim Kipuw; Murilo, Gustavo Tocantins, Rizky Pora

Pelatih: Rachmat Darmawan