Banjarmasin Diselimuti Kabut Asap, ini Imbauan Kapten Gaul

Pintu gerbang masuk kota Banjarmasin KM 6 (foto : Faisal)

Kalseltoday.com, Banjarmasin - Kualitas udara sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan semakin memburuk akibat serangan kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah tersebut. Udara Kota Banjarmasin saat ini masuk kategori tidak sehat akibat kabut asap. 


Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Dwi Naniek pada Senin, 25 September 2023, mengatakan kabut asap yang menyelimuti udara Kota Banjarmasin merupakan kiriman dari daerah tetangga yang mengalami karhutla.


"Parameter PM2,5 pada ISPU Kota Banjarmasin berada pada level kuning atau tidak sehat dengan angka di atas 100 dan PM10 pada level biru (sedang)," ungkapnya. 


Sementara parameter NO2, O3, CO dan SO2 masih berada pada level hijau atau baik. Terkait hal ini pihaknya menghimbau agar masyarakat Kota Banjarmasin selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. 


Selain Kota Banjarmasin, kualitas udara Kota Banjarbaru, ibu kota Provinsi Kalsel juga berada pada level tidak sehat sejak sepekan terakhir. Maraknya karhutla yang melanda kawasan lahan gambut menimbulkan kabut asap pekat di wilayah tersebut. 


Kabut asap juga berdampak pada meningkatnya penyakit ISPA dan terganggunya transportasi terutama jadwal penerbangan di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru. Kabut asap pekat terjadi pada malam hingga pagi menjelang siang. 


Sutrisno (Kapten Gaul) Bacaleg dari partai Golkar dapil Banjarmasin Timur 

Sutrisno, Bacaleg dari partai Golkar dapil Banjarmasin Timur mengimbau warga untuk menggunakan masker bila beraktivitas di luar rumah. 


"Apabila beraktivitas di luar rumah jangan terlalu lama, terutama untuk kelompok masyarakat yang sensitif seperti penderita asma/paru dan lansia. Juga menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin," ujar Sutrisno, yang akrab di panggil Kapten Gaul, Kamis (28/09/2023)


Kalsel merupakan satu dari enam provinsi yang terjadi karhutla meliputi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. (FR)

0/Post a Comment/Comments