Kalseltoday.com, Banjarmasin - TNI AL, Kumai. Expedisi Maritim 2023 dalam rangka peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke-78 bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi penerus tentang negara maritim Indonesia, potensi yang ada serta sejarahnya. Expedisi Maritim ini terbagi menjadi dua rute yaitu rute putih berangkat dari Lantamal XII/Pontianak dan rute merah berangkat dari Lantamal XIII/Tarakan dan direncanakan tanggal 10 September 2023 bertemu di IKN. 


Perlu diketahui bahwa Expedisi Maritim Rute Putih sudah diberangkatkan sejak tanggal 4 September 2023 dari titik awal Lantamal XII/Pontianak menuju Lanal Ketapang dan memasuki wilayah Kalimantan Tengah diterima oleh tim expedisi maritim Lanal banjarmasin yang dipimpin oleh Mayor Laut (E) Adri Nira Vavirya di Desa Sandai Kab. Lamandau perbatasan Kalbar dan Kalteng dengan melibatkan 20 kendaraan Dari Indonesia Off-Road Federation (IOF) Pengda Kalteng dan Kabupaten Kotawaringin Barat Selasa siang. (5/9/2023). 


Selanjutnya tim dibawa menuju lapangan Senggora Kelurahan Kumai Hulu Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan disambut oleh Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H. beserta Forkopimda setempat, hadir dalam kesempatan ini PJ Bupati Kobar yang diwakili oleh Asisten 1, Wakil Ketua 2 DPRD Kobar, Danlanud Iskandar, Kapolres Kobar, Kajari Kobar, Dandim 1014/Pangkalanbun dan Kesultanan Kutaringin.(lanalbanjarmasin)


Pada acara penyambutan tersebut, beberapa kegiatan juga diselenggarakan diantaranya pemberian piagam penghargaan kepada club-club yang tergabung dalam IOF Pengda Kalteng, bhakti sosial penyerahan tali asih kepada Yayasan Yatim Piatu Ar Rahman, penyampaian sejarah perjuangan Kumai 14 Januari 1946 dalam rangka mempertahankan kemerdekaan RI dan dilanjutkan dengan panggung hiburan untuk masyarakat. (red)