Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Cuaca Panas dan Kekeringan jadi Perhatian Mang Ofat

Minggu, Oktober 01, 2023 | 19.43 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-01T12:43:46Z
Mantan Senator Kalimantan Selatan Drs. H. M. SOFWAT HADI, SH.

Kalseltoday.com, Banjarmasin - Musim akhir tahun 2023 ini yang sangat dikhawatirkan karena disertai cuaca panas ekstrim di Indonesia, akibat dari puncak iklim Elnino.


Demikian jadi perhatian Mantan Senator Kalimantan Selatan Drs. H. M. SOFWAT HADI, SH.


"Yang harus diantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan juga harus dicegah agar lahan pertanian maupun perkebunan rakyat dan perkebunan besar, supaya tidak kekeringan dan jangan sampai pohon-pohon produktif maupun palawija jangan sampai mati kekeringan," pesan Mang Ofat, sapaan akrabnya.


Dirasakan Mang Ofat, kondisi cuaca panas dan tidak ada air, sangat berat dirasakan untuk Aparat Pemerintah dan para Relawan yang selama ini aktif dalam Komunitas Barisan Pemadam Kebakaran agar jauh-jauh hari memperhatikan kawasan rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan tersebut.


"Supaya tidak konsentrasi di Kota-kota Besar saja, tapi juga bersiap-siap untuk mencegah terjadinya kebakaran yang lebih luas terhadap hutan dan lahan," Sofwat kembali mengingatkan.


Terutama kata Sofwat, agar para Aparat Pemerintah juga memperhatikan semua perkebunan swasta maupun perkebunan rakyat, agar pohon-pohon produktifnya tidak mati kekeringan.


Menghadapi musim kemarau yang panjang disertai cuaca panas yang tinggi, kita jangan hanya berpikir untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, tapi juga kita harus mencari jalan keluar.


"Karena akan terjadi kekeringan yang sangat fatal bagi penduduk atau masyarakat yang selama ini mengandalkan ketersediaan air dari sumur-sumur atau mata-mata air yang ada di sekitar kebun atau lahan pertaniannya," ucap Mang Ofat mengingatkan lagi.


Disamping itu juga kata Mang Ofat, tanaman-tanaman yang selama ini sebagai sumber kehidupannya, tidak mati kekeringan. 


"Saya mengimbau kepada para Pengusaha yang mempunyai mobil-mobil tangki air untuk memberikan bantuan air besar kepada masyarakat atau penduduk yang terdampak kesulitan air untuk kehidupannya," pesan Mang Ofat.


Mang Ofat meminta, untuk Organisasi-organisasi maupun Partai-partai Politik untuk membantu dengan mendirikan posko atau tenda-tenda untuk mencegah kebakaran dan menyediakan air karena akan terjadi kekeringan yang sangat menyusahkan masyarakat karena musim kemarau dan cuaca yang panas ini. 


"Bagi Ormas atau Partai Politik jangan takut kalau dituduh melakukan kampanye dan sebagainya. Yang penting adalah niat baik untuk kehidupan kita bersama tetap baik dan lebih baik lagi," tegas Mang Ofat mensupport, mengakhiri tanggapannya.*

×
Berita Terbaru Update