Kalseltoday.com, Banjarmasin - Posmat Trisakti Lanal Banjarmasin melaksanakan kegiatan berbagi Jum'at Berkah kepada masyarakat yang beraktifitas di Sungai Barito maupun masyarakat yang tidak mampu di bantaran sepanjang Sungai Barito. Jum'at (6/10/2023). 


Pada kegiatan Jum'at Berkah kali ini Personel Posmat Trisakti Lanal Banjarmasin membagikan 100 nasi bungkus yang di bagikan kepada masyarakat di perairan Sungai Barito. 


Dengan menggunakan satu buah speedboat, personel Posmat Lanal Banjarmasin menyusuri Sungai Barito untuk membagikan nasi bungkus tersebut kepada masyarakat yang menggunakan kelotok ataupun masyarakat yang beraktifitas di sungai maupun di bantaran sungai. 


Serda Keu Setyo Wahyu, mengatakan bahwa kegiatan berbagi Jum'at Berkah ini akan rutin dilaksanakan oleh Posmat Trisakti Lanal Banjarmasin. Tidak hanya membagikan kepada masyarakat di daerah perairan, namun pihaknya juga memberikan bantuan ke panti - panti asuhan. 


"Kegiatan Jum'at Berkah ini sudah kami laksanakan sekitar 2 bulan dan akan rutin kami laksanakan, tidak hanya fokus kepada masyarakat yang beraktifitas di perairan, namun kami juga memberikan bantuan ke panti - panti asuhan, " ungkapnya. 


Ditambahkan oleh Serda Setyo Wahyu, sebelumnya pihaknya juga melakukan kegiatan sosial lainnya, yakni dengan membagikan masker untuk mencegah sakit paru - paru atau pernafasan karena kabut asap akibat Karhutla yang terjadi sekarang ini. 


"Kami juga kemarin melaksanakan pembagian masker gratis kepada masyarakat, untuk mencegah masyarakat terkena penyakit paru-paru atau pernapasan akibat terhirup asap Karhutla, " tambahnya. 


Kegiatan Jum'at Berkah tersebut sangat di sambut bahagia bagi para warga masyarakat yang saat itu menggunakan kelotok di perairan Sungai Barito. 


Juga para warga yang beraktifitas yang sebagian besar menggunakan alat transportasi air ini juga berharap agar TNI - AL terus memperhatikan warga yang berdomisili di bantaran Sungai Barito. 


Hamdi, salah satu pengemudi kelotok mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Personel Posmat Lanal Trisakti Banjarmasin ini. 


"Saya sangat bangga sekali dengan TNI Angkatan Laut yang sudah memberikan perhatian kepada pengemudi kelotok seperti saya dengan membagikan nasi bungkus pada Jum'at Berkah ini. Saya sangat berterima kasih sekali dan saya pribadi akan mendoakan Angkatan Laut semakin di cintai rakyat " ucap Mahdi. 


Ia juga berharap agar kegiatan ini berlangsung tidak hanya dalam beberapa bulan saja, namun bisa sampai seterusnya. 


"Harapan saya kegiatan berbagi ini kalau bisa jangan sampai berhenti dan bisa terus berlanjut sampai yang akan datang, " harapnya.(ufx & tim 4)