Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Kesbangpol Kalsel Gelar Program Pendidikan Politik untuk Wartawan

Jumat, November 03, 2023 | 05.49 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-02T22:50:22Z

Kalseltoday.com, Banjarmasin – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah mengadakan program pendidikan politik yang ditujukan kepada perwakilan dari Organisasi Wartawan/Jurnalis, media cetak, media elektronik, dan media online.


Acara ini berlangsung di Hotel Aston Banjarmasin, Jl. A. Yani KM 11, Kabupaten Banjar, Kamis (2/11/2023).


Tujuan dari program pendidikan politik ini adalah untuk memperkaya informasi dan wawasan bagi insan pers serta menjaga agar Pemilu 2024 berjalan dengan kondusif dan damai.


Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalsel, Drs. Heriansyah M.Si, yang diwakili oleh Ratna selaku kepala politik dalam negeri Kesbangpol Provinsi Kalsel, menegaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2024.


“Pemilu dan Pilkada adalah pesta demokrasi, dan semua warga masyarakat memiliki kewajiban untuk berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilu 2024,” kata Ratna.


Selain itu, media memiliki peran penting dalam kesuksesan Pemilu.


Tanpa peran media, pelaksanaannya akan menghadapi hambatan, dan media memberikan kontribusi positif bagi negara.


Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman politik dan menciptakan Pemilu yang lebih baik, serta mengawal proses pemilu yang jujur dan bermartabat.


Namun, ada kerawanan terkait dengan media sosial dalam Pemilu, dengan Kalimantan Selatan menempati peringkat kelima dalam tingkat kerawanan terkait kecurangan melalui media sosial.


Menurut Ketua Bawaslu Kalsel, Aris Mardiono, peringkat ini merujuk pada catatan pelaksanaan pemilu di masa lalu dan kompetisi yang ketat di Kalsel, serta adanya kasus pelaporan konten di media sosial yang mengandung ujaran kebencian terhadap paslon tertentu.


Aris Mardiono menegaskan bahwa berbagai upaya akan dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam Pemilu 2024.


Ketua KPU Kalsel, Dr. Andi Tenri Sompa, juga menekankan pentingnya peran media dalam kesuksesan Pemilu 2024 dan bahwa media memiliki tanggung jawab memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat. Mari bersama-sama menyongsong Pemilu 2024 dengan damai dan bermartabat.***

×
Berita Terbaru Update