Kalseltoday.com, Tanah Bumbu - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) telah memasang tanda peringatan terkait potensi banjir pesisir (ROB) setelah melihat prakiraan BMKG Kalsel beberapa hari terakhir.


Dengan adanya potensi peningkatan air pasang laut yang dapat menyebabkan banjir pesisir, BPBD Tanbu mengambil langkah cepat untuk memberikan peringatan kepada masyarakat pada Senin (27/11/23).


Imbauan waspada terutama diberikan untuk kawasan siring Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, demikian diungkapkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, H Sulhadi.


Menyadari kewajibannya, pemerintah melalui BPBD Tanbu mengambil langkah proaktif dengan memasang tanda bahaya di sejumlah kawasan yang rawan terhadap bencana. Tujuan utamanya adalah mencegah timbulnya korban jiwa atau kerugian harta benda akibat banjir pesisir atau air pasang laut (ROB), seperti yang dijelaskan oleh Sulhadi.


“Dalam upaya membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana, BPBD Tanbu juga berencana memasang plang imbauan di daerah-daerah rawan bencana di Bumi Bersujud,”tambahnya Kalaksa.


Langkah-langkah ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih siap dan waspada menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi. (Red)