Polda Kalsel Deklarasi Pemilu Damai yang Diikuti Berbagai Suku dan Ormas


Kaleltoday.com, Banjarmasin - Acara yang di laksanakan Polda Kalsel dalam rangka Cooling Sistem Deklarasi Pemilu Damai 2024 Antar Suku yang ada Di Provinsi Kalimantan Selatan di ikuti salah satu Ormas Dayak Kulawarga Borneo (DKB) Kalimantan Selatan di Lapangan Kamboja jalanAnang Adenansi,Bajarmasin Rabu, (31/01/2024).


Kegiatan Deklarasi dihadiri oleh Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto SH MH dan juga Forkopimda Kalsel, termasuk juga dari Bawaslu Kalsel.


Di mulai sejak jam 9 pagi, acara tersebut  di hadiri DKB Kalsel, DAD Kalsel, Laung Kuning, serta suku yang ada di Kalsel, Suku Banjar, Suku Jawa, Suku Batak, Suku Madura, Suku Bali dan Tionghua.


Ketua Umum DKB Kalsel, Salam,.S.H.M.H dalam acara tersebut menyampaikan kata sambutannya, "Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata” rakat mufakat jangan becakut Papadaan." Ujar Salam.


Kepada seluruh peserta deklarasi, dan dibalas dengan ucapan Arus ... Arus...Arus...., yang artinya setuju.... setuju....setuju.... oleh Peserta suku dayak yang hadir.


Dalam acara tersebut Ketua DKB Kalsel juga menyerahkan Cenderamata 'Mandau dan Talawang' kepada Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto SH MH.


(Talawang) adalah tameng atau perisai Suku Dayak yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi.



Ketua Umum DKB Kalsel, Salam,.S.H.M.H

Deklarasi Pemilu Damai 2024 suku suku Bangsa se Kalsel tersebut memuat 5 Point kesepakatan yang intinya :

-Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Republik Indonesia

-Mendukung dan mewujudkan pelaksanaan pemilu damai 2024, yang aman, damai dan Koudusif di Kalsel

-Mendukung Sinergitas dan Solidaritas TNI-Polri, Pemda, tokoh adat dan element masyarakat dalam mewujudkan stabilitas KAMTIBMAS.

-Menjaga kebhinekaan dalam berbangsa dan bernegara, menjunjung tinggi kearifan lokal guna mewujudkan situasi KAMTIBMAS yang Kondusif.


Salam, juga mengatakan melalui deklarasi ini, kita bersama-sama menjaga kondusifitas Banua supaya aman dan terkendali. DKB Kalsel, juga bekerjasama dengan TNI Polri serta stake holder lainnya.


"Pesan kita Rakat,mufakat jangan bacakut Papadaan." Pungkas Salam mengakhiri. (@DW)

0/Post a Comment/Comments