Banjarmasin - Dalam upaya menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang adil, jujur, dan damai, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan, Heriansyah, mengajak insan pers Banua untuk berpartisipasi aktif.


Sosialisasi Pilkada Tahun 2024 digelar dengan tujuan meningkatkan partisipasi politik masyarakat Kalsel.


"Semoga apa yang kita laksanakan dan dapatkan hari ini bisa memberikan bahan renungan kepada kita agar berpartisipasi dalam Pilkada serentak tahun 2024 ini yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat Kalsel," ujar Heriansyah di hotel POP Banjarmasin, Selasa (9/7/2024).


Sosialisasi ini mengusung tema 'Peran Media Massa dalam Pilkada Tahun 2024' dan dihadiri oleh 100 insan pers Banua. Kegiatan ini juga melibatkan narasumber penting seperti Anggota KPU Kalsel M Fahmi Failasopa, Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono, dan Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie.


Heriansyah menekankan pentingnya peran media dalam menciptakan Pilkada yang berintegritas. Media diharapkan menghasilkan karya jurnalistik yang profesional dan beretika, memberikan gambaran lengkap dan akurat tentang calon- calon, serta berperan sebagai alat legitimasi yang demokratis.


Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan, Heriansyah

"Tidak hanya memberikan informasi, media juga harus terlibat secara kritis untuk menguji calon-calon yang terbaik," tambahnya.


Tantangan besar dalam Pilkada kali ini adalah maraknya berita bohong di media sosial. Heriansyah berharap media massa dapat berperan dalam menangkal berita bohong dengan menyajikan informasi yang edukatif dan berimbang.


Keberhasilan pelaksanaan Pilkada sangat bergantung pada peran media massa dalam mempublikasikan setiap tahapan dengan baik. Dengan demikian, sosialisasi yang digelar diharapkan mampu meningkatkan kepedulian publik dan partisipasi dalam Pilkada 2024.


Tetaplah terinformasi dan berpartisipasilah demi masa depan Kalsel yang lebih baik! ***