Peringati Hari Sumpah Pemuda ke 94, Gubernur Kalsel Pimpin Upacara

foto istimewa

Kalseltoday.com, Banjarmasin - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94 tahun 2022 di halaman Kantor Setda Provinsi Kalimantan Selatan Jl.Dharma Praja No 1 Kawasan Perkantoran Pemerintah Prov. Kalimantan Selatan Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, jum'at (28/10/22) pagi.


Selaku Pembina upacara pada apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94  ini adalah Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, S, Sos, MH.


Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 ini juga di hadiri Kapolda Kalsel Brigjen Pol. Andi Rian, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko,M.Tr.Hanla , Forum Kordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda) unsur TNI/ Polri, Mahasiswa , Forum Komunikasi Gabungan Lintas Ormas Kalsel, KNPI Kalsel dan Para Pelajar serta tamu undangan lainnya.


Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 ini Gubernur Kalimantan Selatan Paman Birin membacakan Kata sambutan dari menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora) Jainudin Amali.


Peringatan hari sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.


Tema peringatan hari sumpah pemuda saat ini adalah bersatu membangun bangsa , tema ini adalah memberikan pesan- pesan yang mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus di kuatkan untuk membangun ketangguhan , karena dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.



Tema ini menjadi kejewantahan nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan akan datang , inilah yang akan jadi tekat kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan kita dan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa semangat untuk selalu bersungguh- sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan srategis yang selalu berubah.


Pemuda hari ini adalah Tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang , apa yang di lakukan pemuda di masa sekarang juga menjamin penentu bangsa Indonesia dimasa yang akan datang.


Mandat pemuda saat ini adalah menjadi nilai-nilai persatuan diatas segala-galanya , memandang keragaman sebagai anugerah yang berharga untuk di rangkai untuk menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan bangsa dan negara.


Pemuda bukan saja pelaku hal penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar dalam Indonesia yang maju 2045.tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.


Membutuhkan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan bahan kopetensi berbagai ranah keahlian dan di padukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh di abaikan oleh para pemuda ini , hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras.


Jika kita melihat kondisi pemuda di saat ini maka terdapat optimisme yang penuh harapan di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan, kita patut bersyukur melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan baik pada level nasional maupun pada level internasional. Hal ini menjadi modal untuk keunggulan Indonesia dimasa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan disruptive yang tidak menguntungkan, terhadap situasi tersebut maka upaya pemberdayaan tersebut pemuda harus kreatif, renovatif dan kolaboratif mandiri serta berkarakter mulia perlu di kembangkan agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi yang tertinggi .



Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini bermula dari titik nol Ibukota Nusantara kami mengajak elemen bangsa , himpun kekuatan dan semangat untuk bergerak mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa .

Kerja-kerja kolaboratif antara pihak perlu di kembangkan kalau upaya pembangunan pemuda tidak bisa di lakukan secara sendiri-sendiri , pembangunan kepemudaan melalui orkestrasi yang singkron dan harmoni.


Marilah kita jadikan momentum peringatan hari sumpah pemuda yang ke 94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita membangun bangsa, semoga tuhan yang maha Esa , Allah yang maha kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk membangun kesatuan bangsa mencapai cita-cita kejayaan Indonesia : Jakarta 28 oktober 2022 Menteri Pemuda dan Olah Raga Jainudin Amali.


Mengakhiri kata sambutannya Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, S, Sos, M,H mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda kepada para pemuda penerus bangsa,


"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kalimantan Selatan mengucapkan selamat hari sumpah pemuda yang ke 94 tahun 2022, semoga Allah SWT memberikan petunjuk serta bimbingan kepada kita rakyat banua , Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk selalu berada di jalan Ihdinas siratal mustaqim, jalan yang lurus dan jalan yang di ridhoi oleh Allah Subhanahu ta'ala , sallallahu a'la Muhammad, Sallallahu A'laihiwassalam, " Pungkasnya. (Kin)

Sumber : Lentera Kalimantan

 

0/Post a Comment/Comments