Haul Guru Sekumpul ke-18 Bakal di Gelar di Martapura, Catat Titik Pelaksanaanya

Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari (foto istimewa)

Kalseltoday.com, Martapura - Haul ke -18 Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari atau lebih di kenal Guru Sekumpul bakal dilaksanakan di kediaman pribadi Gubernur Kalsel yakni di Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel, Kamis 26 Januari 2023 mendatang.


Haul Guru Sekumpul 2023 yang digelar di kediaman pribadi Gubernur Kalsel akan dilaksanakan pukul 20.00 Wita dan dipimpin oleh KH Wildan Salam dan terbuka untuk masyarakat umum.


Namun selain di kediaman pribadi Gubernur Kalsel, ada sejumlah titik lain yang juga bakal menggelar Haul Guru Sekumpul 2023.

Titik kedua di hari yang sama yakni digelar sekitar pukul 19.00 Wita di Komplek Griya Sekumpul Raya, Blok A, Jalan Kenanga Inderasari, Martapura dipimpin oleh Uztadz Muhammad.


Titik ketiga, dilaksanakan pada Hari Jumat (27/1/2023) sekira pukul 19.00 Wita bertempat di kediaman Almarhum Abah Guru Sekumpul.


Namun pelaksanaan haul di titik ini dikhususkan hanya untuk tamu keluarga dan para tokoh serta Alim Ulama Martapura.

 

Titik keempat, rencananya dilaksanakan pada Minggu (29/1/2023) sekira pukul 19.00 Wita di Mushala Ar Raudhah Sekumpul dilaksanakan bersama kegiatan rutin Malam Senin sekaligus pembacaan doa haul oleh jamaah yang sudah terdaftar dan masyarakat sekitar.


Kelima, dilaksanakan pada Rabu (31/1/2023) pukul 20.00 wita di Masjid Syiarus Sholihin (Masjid Pancasila) sekaligus peringatan Isra’ Mi’raj dipimpin oleh KH Sa’duddin Salman. Pelaksanaan haul sekaligus peringatan Isra' Mi'raj di lokasi ini terbuka untuk umum.


Dikonfirmasi terkait hal itu, Lurah Sekumpul, Gusti Marhusin menyampaikan, khusus untuk haul di Mushala Ar Raudhah dan di kediaman Guru Sekumpul, hingga kini belum bisa dipastikan.


“Khusus untuk di Mushala Ar Raudhah, hingga kini belum ada kabar resmi. Karena belum ada informasi dari panitia Mushala ataupun ahli waris,” katanya.


Soal Haul secara terbatas, di Musala Ar-Raudhah dibenarkannya memang selalu digelar setiap tahun.

“Tahun lalu juga digelar, tapi hanya untuk masyarakat sekitar saja,” lontarnya.


Sejumlah penginapan di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sudah penuh dipesan calon jemaah Haul ke-18 Guru Sekumpul. 


Karena itu warga juga membuka penginapan gratis bagi jemaah yang akan menghadiri Haul Guru Sekumpul di rumah pribadi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar. 


Sedangkan pelaksanaan Haul Guru Sekumpu di kediaman gubernur adalah saat Kamis (26/1/2023). 

 

Salah satu koordinator, Jali, membenarkan membuka penginapan gratis di Majelis Habib Hanafi selama haulan, mulai dari tanggal 26 sampai 29 Januari 2023 atau sampai selesai haulan. 


"Sementara ini ada sekitar 50 orang dari 100 orang yang bisa kami tampung," kata Jali, Minggu (22/1). 


Namun dia menegaskan untuk penampungan penginapan di lokasinya adalah jemaah rombongan kecil.

 

"Kalau rombongan besar, memang juga ada konfirmasi, tapi kami tolak. Sebab, kami tidak cukup punya lokal," imbuhnya. 


Sementara itu, Jali, selaku Muhibbin di Majelis Firdaus, Habib Hanafi, di Jalan Setuju, Martapura, menyebut, calon jemaah yang konfirmasi itu dari beberapa daerah.


Mereka yang bertanya-tanya padanya, ada yang dari Jakarta, Pangkalanbun, Muara Teweh, Kabar, Balikpapan, Batulicin, Kalua dan Kutai Kertanegara.

 

Dijelaskan dia, untuk fasilitas adalah seadanya."Kami juga sediakan makan gratis dan ojek ke tempat haul," pungkasnya.


Sumber : IG : Berita Media Banua Kalimantan

0/Post a Comment/Comments