Pemuda Tabunio, Tanah Laut Sukses Jadi Pengusaha Ikan Asin Telang Tenggiri



Kalseltoday.com,Tanah Laut - Hampir semua pekerjaan pesisir pantai Tabunio bekerja sebagai nelayan yang metangkapan ikan nelayan dan mata usaha masyarakat turun menurun warga Desa Tabanio hingga kini.


Terkenal dengan, objek wisata yang dikunjungi kebanyakan orang dan dikenal Pantai Tabanio. Melalui Pantai ini, warga Desa Tabanio memanfaatkan hasil alam untuk digunakan sehari- hari dan bisa dijual kembali tentunya hasil laut.


Zuki bersama istrinya Hj. Irau warga Tabunio yang mana sebagai pemilik kapal sepeninggal suaminya diteruskan oleh istri serta anak- anaknya Sasi dan Hj Wina juga menjalankan usaha penangkapan ikan.


"Beberapa Hasil tangkapan nelayan ikan tersebut dijemur terus ditimbang dibungkus karung dibawa ke Banjarmasin ke tempat penampungan, ” jelas Zuki, salah satu yang cukup sukses owner agen Ikan Asin Telang Tenggiri Tanah Laut.


Ikan ikan kering yang sebagian dijual di Banjarbaru tepatnya diperumahan Cordoba Sekumpul Raya, Gunung Rongeng oleh anaknya sebagai agen terbesar di Banjarbaru melayani jual beli dan pengiriman ke Pulau Jawa melalui jasa JNT dan JNE saat menceritakan anaknya yang sangat Sukses di Kab.Banjar, Kamis (12/01/2023)


”Alhamdulilah, sudah banyak peminat ikan asin telang tenggiri ini, baik dari Tanah Laut, Banjarmasin, Banjarbaru hingga luar pulau Kalimantan,” tambahnya.


Pengalaman memulai usaha ikan asin ini di ceritakan oleh Marzuki saat ikut orang tua jadi nelayan, mencari ikan di laut, banyak sekali pengalaman yang berharga saat jadi nelayan dan hendaknya anak anaknya bisa belajar dari pengalaman ini.


“Pengorbanan dan perjuangan tidak mengkhianati hasil, itulah prinsip saya agar terus berkembang dan mengepakkan saya di bidang ikan asin ini," terangnya.


Ia menambahkan, warga banyak penasaran dengan rasa yang enak dari ikan asin telang tenggiri ini yang sudah tidak di ragukan lagi soal rasa ikan hasil laut Indonesia.


“Awalnya kemarin ada pelanggan dari Banjarmasin, dia mencoba dan ingin mencicipi ikan hasil Laut Tanah Laut, Alhamdulilah dia suka dan setiap bulan beli ikan asin ini," tambahya.


Ia Berharap, ikan asin Telang tenggiri ini semakin banyak peminatnya dan banyak yang mencintai produk hasil lokal banua dan membantu Usaha Kecil para Nelayan di sini agar bersaing di luar daerah.  (@Dwan)

0/Post a Comment/Comments