Kalseltoday.com, Banjarmasin - Dalam rangka membangun solidaritas dan keakraban sesama pengusaha media siber anggota SMSI Banjarmasin, maka digelar kopdar (kopi darat, red) atau kumpul sambil diskusi di Warung Pasum Banjar Indah (13/03/2022).


Dihadiri para pengurus dan anggota SMSI Banjarmasin, yaitu Adam Basrindu (Ketua SMSI Banjarmasin, BorneoTerkini.com), Nicko Farizki (Sekretaris SMSI Banjarmasin, nusantara.co dan mediabanjarmasin.com), Syahrianto Ruslan (akurasiberita.com), Naiman Sidik (lenterakalimantan.net), Ahmad Corry Yunus (TargetPost.net), Ahmad Chandra (mediawarta.net), Yetno (seputarkalsel.com), MZ Firdaus (mediapublik.net), Misransyah (BanuaTerkini.com), Harry Sinaga (beritaja.com), Gunawan (sinarpositif.com) Mahyuni Aslie (kilasbalik.com), Candra (detikweb.id), dan Ebi (peoplenews.id).


Kopdar kali ini digelar sore hari (pukul 15.00 s/d 17.00 WITa) di Warung Pasum yang berlokasi di bilangan Banjar Indah Banjarmasin, dengan suasana santai ala warung rakyat, saling diskusi dan sharing kondisi bisnis media siber pun jadi santapan renyah diskusi para pengusaha media ini.


Tantangan untuk melengkapi berbagai standar untuk memenuhi standar perusahaan pers juga jadi bahan diskusi, dimana berbagai syarat mulai dilengkapi oleh kawan-kawan media online yang masih startup (rintisan), agar sesuai dengan amanat UU Pers tahun 1999.


Peningkatan kapasitas server, cyber security, dan teknik SEO (Optimalisasi Mesin Pencari) juga memperkaya diskusi hangat kopdar ini, sehingga kedepan dengan teknologi yang terus ditingkatkan, para Anggota SMSI Banjarmasin akan lebih nyaman menghadapi tantangan teknologi masa akan datang yang terus berkembang.


Untuk meningkatkan kekuatan dan kesejahteraan para anggota SMSI Banjarmasin, diskusi kali ini juga menyepakati untuk pendirian "Konsorsium Bisnis", yang akan di siram modal bersama, di operasikan bersama, dan dimiliki bersama. Agar banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan bersama dan bisa mendatangkan kan laba yang bisa menambah kesejahteraan bersama.


Selain itu diskusi yang dikemas dalam bentuk kopdar akan terus gelar oleh SMSI Banjarmasin, dengan berbagai tema dan tempat. Agar suasana bisa lebih cair dalam menyerap berbagai isu, tantangan, dan peluang dalam dunia usaha media siber yang memang semakin menarik dan menantang.


"Kopdar adalah salah satu program kerja, yang memang digelar secara rutin maupun situasional untuk bangun keakraban dan solidaritas para pengusaha media anggota SMSI Banjarmasin" cetus Adam Basrindu.


Adam juga berharap "kedepan, semakin banyak para pengusaha media online yang bisa ikut meramaikan kopdar rutin ini, dan juga bisa menjadi trigger untuk para kaum Milenial dan Zilenial untuk mendirikan perusahaan pers, sehingga literasi semakin baik di masyarakat Indonesia, khusus di banua kita tercinta".


Karena matahari yang sudah semakin tergelincir ke arah barat, yang menjadi penanda waktu kopdar akan berakhir, untuk itu kopdar pun ditutup dengan saling bersalaman pada pukul 17.00 WITA, dan berangsur pulang ke rumah masing-masing. (*)