Kapan 1 Ramadhan di Indonesia? Berikut Ramadhan Versi Pemerintah, Muhammadiyah dan NU

 


Kalseltodaday.com, Banjarmasin - Saat ini kita sudah berada di penghujung bulan Syaban. Sebentar lagi muslim di seluruh dunia akan segera merayakan bulan suci Ramadhan. Lalu, kapan 1 Ramadhan di Indonesia?


Di Indonesia puasa Ramadhan bisa berbeda-beda. Hal itu terjadi karena adanya perbedaan dalam memahami nash (dalil) dan metode pengambilan hukum (istinbath).


Mengutip laman kemenag.go.id, sebagian umat ada yang mengaplikasikan metode hisab untuk menentukan 1 Ramadhan. Sebagian lagi ada yang memakai metode Rukyatul Hilal untuk melengkapi penghitungan hisab. Kendati mereka juga menghitung secara hisab atau astronomis, namun keputusan penentuan 1 Ramadhan masih harus menunggu hasil pemantauan hilal.


Sementara pemerintah, sesuai fatwa MUI No 2 tahun 2004, menggunakan keduanya, hisab dan rukyatul hilal. Hasil perhitungan hisab digunakan sebagai informasi awal yang selanjutnya dikonfirmasi melalui mekanisme rukyat. Hasil hisab dan rukyat selanjutnya dibahas bersama dengan ormas Islam, duta besar negara sahabat, serta para pakar dalam Sidang Isbat.


Kapan 1 Ramadhan di Indonesia?

Melansir detikHikmah, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar menjelaskan, umat Islam di Indonesia kemungkinan besar akan mulai puasa bersamaan. 1 Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriah kemungkinan besar akan sama atau tidak ada perbedaan di seluruh Indonesia.


"Untuk Ramadhan besok, menurut perhitungan di atas kertas Insya Allah sama di seluruh Indonesia," paparnya dalam konferensi pers Maklumat PP Muhammadiyah tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, Zulhijah 1444 H, Senin (13/3/2023).


Namun, keputusan 1 Ramadhan tahun 2023 tetap akan menunggu sidang isbat pemerintah.


Simak jadwal puasa Ramadhan 2023 di Indonesia:


Puasa Ramadhan 2023 versi pemerintah

Kementerian Agama (Kemenag) RI belum menetapkan 1 Ramadhan 1444 H atau 2023. Keputusan 1 Ramadhan akan menunggu hasil sidang isbat.


Sidang isbat sendiri rencananya akan digelar Rabu, 22 Maret 2023.


Kendati demikian, Kemenag RI telah mengeluarkan kalender Islam Hijriah tahun 2023. Di sana bisa diperkirakan kapan 1 Ramadhan 2023.


Berdasar kalender tersebut, 1 Ramadhan diprediksi jatuh antara 23 atau 24 Maret 2023. Hal ini mengacu pada penghitungan libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 22-23 April 2023.


Puasa Ramadhan 2023 versi Muhammadiyah

Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Penetapan itu termaktub dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 terkait Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H. Maklumat itu sudah diterbitkan sejak 6 Februari 2023.


Puasa Ramadhan 2023 versi NU

Nahdlatul Ulama (NU) belum menentukan kapan 1 Ramadhan tahun ini. Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) masih akan memantau hilal


Mengutip nuonline.or,od pelaksanaan rukyatul hilal sebagai metode penentuan awal bulan Qamariah di Nusantara diyakini sudah dilaksanakan semenjak Islam masuk ke Nusantara. Ini berdasarkan pada perintah untuk melaksanakan rukyatul hilal sebelum umat Islam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.


Dalam perhitungan kalender Hijriah, rukyatul hilal atau metode melihat bulan baru dilaksanakan setiap tanggal 29 sore. Jika hilal dapat dilihat, maka keesokan harinya masuk bulan baru. Namun, jika hilal tidak terlihat maka penentuan awal bulan akan digenapkan menjadi 30 hari.


Setelah pemantauan hilal selesai di beberapa daerah, laporan akan disampaikan kepada PBNU. Setelah itu, PBNU akan menyampaikannya pada sidang isbat yang digelar Kemenag RI.

0/Post a Comment/Comments