Ketupat Kandangan Khas Kalimantan Selatan, Unik dan Enak


Kalseltoday.com, Banjarmasin - Di Indonesia ada ketupat dengan ciri khas berbeda di setiap daerah. Salah satunya Ketupat Kandangan asal Kalimantan Selatan ini yang cara penyajiannya unik.


Saat merayakan hari raya, ketupat kerap jadi suguhan wajib. Biasanya ketupat melengkapi hidangan lebaran lainnya mulai dari opor, rendang, maupun sambal krecek.


Namun tidak semua ketupat di Indonesia disajikan dengan cara seperti itu. Karena setiap daerah punya ciri khas ketupatnya masing-masing. Contohnya ketupat kandangan yang berasal dari daerah Kandangan,Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) di Kalimantan Selatan ini.


Lantas apa yang membuat ketupat kandangan berbeda? Merangkum goodnewsfromindonesia.id, berikut keistimewaan ketupat kandangan khas Kalimantan Selatan.


1. Disajikan dengan lauk berbeda

Ketupat umumnya disajikan dengan lauk opor ayam atau daging, tetapi ketupat kandangan justru disajikan dengan ikan haruan yaitu ikan khas Kalimantan dan sekitarnya.


Selain dilengkapi ikan haruan, ketupat kandangan juga disajikan dengan siraman kuah santan kekuningan yang diracik dari rempah-rempahan seperti kayu manis, pala, kapulaga, cengkeh, barulah ditaburi bawang merah goreng.


Tekstur kuah santannya sendiri agak kental dengan cita rasa yang gurih.


2. Cara makannya menggunakan tangan

Tak hanya penyajiannya yang berbeda, ketupat kandangan juga dimakan dengan cara unik. Tanpa menggunakan sendok, ketupat berkuah ini biasanya dimakan dengan tangan langsung.


Ketupatnya dibelah dua terlebih dahulu sebelum disajikan. Kemudian ketupat akan dihancurkan menggunakan tangan. Tenang saja tekstur ketupatnya akan aman karena dibuat dengan jenis beras Banjarmasin yang tidak pulen seperti beras di Jawa.


Karenanya ketika beras ini dimasak menjadi ketupat nasinya masih mudah tercerai berai. Sedangkan ketika dimasak menjadi nasi pun teksturnya akan seperti nasi pera dan tidak lengket.


3. Ikan haruan sebagai pendamping

Ketupat kandangan biasanya disajikan dengan lauk pendamping ikan haruan goreng atau ikan haruan yang dimasak habang yaitu dimasak seperti bumbu Bali atau bumbu balado.


Beberapa juga menyebutkan jika ikan haruan dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak menggunakan santan.


Ikan haruan mirip ikan gabus di Jawa atau biasa disebut iwak kutuk. Perbedaannya, ikan haruan memiliki duri yang tidak begitu banyak. Ikan haruan Banjarmasin ini juga punya rasa daging yang lebih gurih.***


0/Post a Comment/Comments