13 Daftar Skincare Ilegal Menurut BPOM Mengandung Merkuri Sebabkankan Kanker Kulit

Foto istimewa

Kalseltoday.com, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) merilis daftar kosmetik ilegal mengandung merkuri yang masih beredar di Indonesia. Pemakaian kosmetik mengandung merkuri bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan termasuk kanker.


"Di lapangan BPOM masih saja menemukan produk seperti HN, Natural 99, dan lainnya yang mengandung bahan dilarang seperti merkuri," terang BPOM dalam keterangan resminya.


Di samping itu, BPOM menemukan sejak Januari 2022 hingga April 2023 menunjukkan total ada lebih dari 300 link penjualan produk tanpa izin edar yang berisiko bagi kesehatan.


Sebagian besar di antaranya yakni 42,47 persen adalah obat. Terdapat 262.729 link yang mencantumkan obat ilegal. Terbanyak kedua merupakan kosmetik 21,08 persen atau 121.795 link, disusul pangan olahan, obat tradisional, hingga suplemen kesehatan.


Berikut daftar 13 produk kosmetik ilegal mengandung merkuri menurut BPOM:

  1. Temulawak New and Day Night
  2. CAC Glow
  3. Natural 99
  4. HN Siang dan Malam
  5. SP Special UV Whitening
  6. Dr Original Pemutih
  7. Super Dr Quality Gold SPF 30
  8. Diamond Cream
  9. Herbal Plus New Day & Night
  10. Ling Zhi Day & Night
  11. Sj Sin Jung
  12. Tabita
  13. Krim Labella


Bayaha Merkuri

BPOM telah melarang penggunaan kosmetik bermerkuri. Hal ini dinyatakan dalam Peraturan Badan POM No. 23 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetik.


Berdasarkan kajian ilmiah, merkuri dapat menyebabkan gangguan pada tubuh. Pada jangka panjang, merkuri dapat menyebabkan kanker, gangguan pada kehamilan, gangguan saraf, dan gangguan ginjal kronis.


Dikutip dari laman FDA, beberapa orang, termasuk wanita hamil, bayi menyusui, dan anak kecil sangat rentan terhadap keracunan merkuri. Bayi mungkin sangat sensitif terhadap bahaya merkuri yang dapat menyebabkan perkembangan otak dan sistem saraf mereka.


Bayi baru lahir yang menyusu rentan karena merkuri bisa masuk ke dalam ASI.


Tanda dan Gejala Keracunan Merkuri

  • sifat lekas marah
  • perubahan penglihatan atau pendengaran
  • masalah memori
  • depresi
  • mati rasa dan kesemutan di tangan, kaki atau di sekitar mulut

0/Post a Comment/Comments