Kalseltoday.com, Jakarta - Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, yang akrab dipanggil Paman Birin, telah menerima penghargaan prestisius di bidang kepemudaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.


Upacara penghargaan ini digelar di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam rangka Penganugerahan Rencana Aksi Daerah Pembangunan Kepemudaan. Menpora Dito Ariotedjo secara resmi memberikan penghargaan kepada delapan kepala daerah yang telah berhasil menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) Pelayanan Kepemudaan.


Hari Rabu (23/8), di lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, menjadi saksi kehadiran sejumlah kepala daerah yang patut diberi apresiasi. Hadir dalam acara ini adalah Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor (Paman Birin), Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil, Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, serta Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura.


Tidak ketinggalan, para pejabat penting lainnya juga menghadiri acara ini. Antara lain, Gubernur Sumatera Utara diwakilkan oleh Kadispora Sumatera Utara Baharuddin Siagian, Bupati Bengkalis Kasmarni, Wakil Bupati Kota Baru Andi Rudi Latif, Deputi II Kepala Staf Presiden KSP Abetnego Tarigan, dan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Woro Srihastuti.


Selama acara, Menpora Dito mengucapkan terima kasih kepada para Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati yang hadir. Dia berharap bahwa penghargaan ini, yang secara khusus ditujukan untuk mendorong pelayanan kepemudaan, akan menginspirasi daerah lain di Indonesia untuk mengikuti jejak yang sama.


Menpora Dito menjelaskan bahwa delapan kepala daerah yang mendapatkan penghargaan ini telah aktif dalam menyelenggarakan pelayanan kepemudaan sebelum adanya Surat Kemendagri Nomor 400.3.5/9106/Bangda tanggal 18 Agustus 2023. Surat ini menginstruksikan Gubernur dan Bupati/Walikota untuk melaksanakan Perpres No. 86/2021 tentang DBON dan Perpres No. 43/2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pelayanan Kepemudaan.


“Delapan kepala pemerintah daerah yang hadir ini telah aktif dalam melaksanakan pelayanan kepemudaan sebelum surat Mendagri tanggal 18 Agustus itu diterbitkan. Jadi, jika setelah tanggal 18 Agustus itu sudah menjadi kewajiban, maka mereka adalah para pemimpin yang istimewa,” kata Menpora Dito.


Paman Birin, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, dalam komentarnya menyadari betapa pentingnya peran pemuda dalam kondisi bangsa saat ini. Oleh karena itu, ia dan rekan-rekan kepala daerah lainnya merasa berkewajiban untuk mempersiapkan pemuda dengan pengetahuan, keterampilan, serta moral dan etika yang kuat. Ini merupakan harapan Presiden Joko Widodo.


“Sesuai dengan harapan Presiden dan Menteri Olahraga, kita harus siap untuk mengembangkan pemuda yang tangguh, terampil, tringginas, berakhlak, dan beretika,” ucap Paman Birin.


Paman Birin juga memberikan apresiasi kepada Menpora atas responsifnya dalam menjawab keinginan Presiden terkait peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pemuda di Indonesia. Ia menegaskan bahwa baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus selalu mendukung dan berada di sisi pemuda.


Pada akhir acara yang berkesan ini, Paman Birin dan rekan-rekan kepala daerah lainnya tidak hanya menerima penghargaan dan piagam, tetapi juga diberikan pohon beringin sebagai simbol untuk ditanam di daerah masing-masing.


Paman Birin turut didampingi oleh istri Hj. Raudatul Jannah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah, Kepala Bappeda Ariadi, serta sejumlah pejabat terkait lainnya dalam acara bersejarah ini. (adpim)