Pencegahan Stunting Ibu Hamil Melalui Kelas Ibu Hamil dan Demo Masak di Puskesmas Alalak Selatan


Kalseltoday.com, Banjarmasin - Program Dosen Wajib Mengabdi. Upaya Pencegahan Stunting Ibu Hamil Melalui Kelas Ibu Hamil Dan Demo Masak di Puskesmas Alalak Selatan, Rabu (16/8/2023).


Kegiatan yang dilaksanakan Tim Pengabdian, terdiri dari : dr. Renny Aditya, M.Kes, Sp.OG (K); dr. Samuel Lumban Tobing Sp.OG (K) dan 3 orang Residen Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi FK ULM.


Menurut Renny, ini merupakan salah satu kegiatan Dosen Fakultas Kedokteran dalam Program Dosen Wajib Mengabdi tahun 2023 diselenggarakan di Aula Pusksesmas Alalak Selatan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap Ibu hamil Upaya Pencegahan Stunting Ibu Hamil melalui Kelas Ibu Hamil dan Demo Masak di PKM Alalak Selatan.


"Stunting merupakan masalah yang cukup serius bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, stunting diakibatkan kekurangan gizi yang berlangsung cukup lama sehingga memunculkan gizi kronis," ujar Renny.


Katanya, kondisi ini tidak hanya mempengaruhi anak secara fisik saja yaitu lebih pendek daripada tinggi anak seusianya, namun juga secara intelegensi (IQ). Stunting dapat terjadi apabila asupan makanan ibu selama kehamilan kurang bergizi terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan. Kekurangan gizi pada periode ini tidak dapat diperbaiki di masa kehidupan selanjutnya dan dapat mengakibatkan keterlambatan dalam berbagai aspek kehidupan dan perkembangan anak.


"Pada pelaksanaan program ini para ibu hamil sebagai sasaran program dapat mengikuti proses kegiatan dengan antusias dari awal hingga akhir. Dengan indikator keberhasilan yaitu sasaran dapat menjawab post-test setelah sosialisasi dan bisa memasak kegiatan demo masak. Tujuan jangka panjang yang diharapkan dari terlaksananya program ini adalah ibu balita dan kader kesehatan mampu memahami tentang stunting, memilih makanan yang bergizi. Sehingga program ini dapat menjadi program kesehatan untuk penurunan angka stunting," ungkap Renny, menegaskan. (*)

0/Post a Comment/Comments