Kalseltoday.com, Banjarmasin - Setelah berbulan-bulan melewati masa kampanye Pemilu 2024, hari ini tepatnya 14 Februari 2024, seluruh masyarakat Indonesia menggunakan hak pilihnya untuk melakukan pemungutan suara dalam pemilu serentak untuk memilih calon presiden, wakil presiden dan para anggota legislatif periode 2024-2029.


Berdasarkan data KPU, tercatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih. Dengan rincian data pemilih dalam negeri se-Indonesia berjumlah 203.056.748 dan pemilih luar negeri di 128 negara perwakilan 1.750.474. Pemilu juga disemarakkan oleh 23 partai peserta yang terdiri dari 17 partai nasional dan 6 partai lokal Aceh.


Momentum pesta demokrasi lima tahunan ini dimanfaatkan dengan baik oleh rakyat Indonesia untuk menentukan pilihan, khususnya oleh ketiga capres dan cawapres yang melakukan berbagai kegiatan jelang pencoblosan. Para paslon ini akan menggunakan hak pilihnya di TPS berbeda.


Seperti capres nomor urut 1 Anies Baswedadan yang mengaku tidak memiliki persiapan khusus jelang pencoblosan. Dirinya memilih rileks dan menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama keluarga.


Untuk lokasi TPS, mantan gubernur DKI Jakarta itu akan mencoblos bersama keluarganya di TPS 60 Kelurahan Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan.


Sebelum pergi ke TPS, Anies dan keluarganya akan berdoa hingga melakukan sungkeman terlebih dahulu. Dirinya juga mengajak seluruh massa pendukung untuk turut berdoa demi kelancaran pemilu.


Sementara wakilnya, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) melakukan ziarah ke makam mertuanya, Rustini Murtadho di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Rabu Pagi pukul 06.30 WIB sebelum menggunakan hak suaranya. Setelahnya, Cak Imin akan mencoblos di Kemang, Jakarta Selatan.


Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menggelar doa bersama jelang pencoblosan. Kegiatan itu digelar di kediaman Prabowo di Kawasan Kertanegara, Jakarta Selatan dan Hambalang, Jawa Barat pada Selasa (13/2).


Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan Prabowo akan melakukan pencoblosan di kediamannya di Hambalang. Diketahui Prabowo akan menggunakan hak suaranya di TPS 33 di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Pasangan Prabowo, Gibran Rakabuming Raka mengaku telah meminta restu kepada orang tuanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang hari pencoblosan. Dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar tidak golput dan menggunakan hak pilihnya.


Untuk diketahui, Gibran bakal mencoblos di Jawa Tengah. Ketua KPU Solo, Bambang Christanto mengatakan Gibran tercatat bersama sang istri Selvi Ananda mencoblos di TPS 34 Manahan, Banjarsari, Solo.


Berbeda dengan Prabowo, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku tidak memiliki persiapan khusus jelang nyoblos. Dirinya akan melakukan aktivitas pagi hari seperti hari-hari biasanya.


Mantan Gubernur Jawa Tengah itu akan pergi ke TPS dekat kediamannya di Kawasan Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang.


Setelah menggunakan hak suaranya, Ganjar dijadwalkan terbang ke Jakarta untuk menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada siang hari. Mereka akan bersama-sama memantau hasil hitung cepat pemilu.


Sedangkan cawapres Mahfud MD akan melaksanakan hak pilih di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ia akan mencoblos di TPS 106, Jalan Jati No 61 Sambilegi, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.


Sementara itu Presiden Jokowi akan mencoblos di TPS 10 Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat. Surat undangan pencoblosan itu diserahkan langsung oleh Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS TPS 10 Hamdi Basyar ke Jokowi, Senin (12/2).


Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga memastikan akan menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024 di sekitar tempat tinggal pribadinya di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.


Di sisi lain, Ma'ruf turut mengingatkan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik serta tidak menimbulkan permusuhan dan perpecahan di masyarakat. Ia menekankan kepada berbagai pihak, khususnya para pelaksana dan pengawas pemilu supaya menjaga proses pemilu agar berjalan dengan jujur dan adil. (Red)