Batola - Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Barito Kuala (Batola) launcing 'Jejangkit Ecopark" bertempat di Jln.Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit Rt 02,Kab.Barito Kuala, Sabtu (08/05/2024).


Acara di hadiri Pj Bupati Kab.Barito Kuala Mujiyat,S.Sn.,M.Pd beserta Istri Suharyanti dan Pejabat Pemerintahan, Polres Batola ,TNI, Pol PP di Kabupaten Barito Kuala,serta pihak dari perusahaan perkebunan sawit PT Pamina Jejangkit


Mujiyat,S.Sn.,M.Pd dalam kata sambutannya mengatakan hari seluruh masyarakat Batola menjadi saksi moment penting atas di Launcingnya kembali Jejangkit Ecopark.


"Atas nama pemerintah Kabupaten Barito Kuala dan saya pribadi, saya bangga dan bersyukur dan serta mengucapkan terimakasih, atas pembangunan jejangkit ecopark ini," ungkapnya.



Ia mengatakan lagi, pembangunan ini merupakan bagian dari upaya langkah nyata pemerintah Kabupaten Barito Kuala bersama masyarakat untuk mewujudkan harapan daerah kita memiliki tujuan wisata edukasi yang setara dengan daerah lain.


"Kita berharap ini (Jejangkit Ecopark) akan mendorong laju peningkatan perkembangan ekonomi,sosial,budaya, dan pariwisata khususnya di kabupaten Barito Kuala,"


"Tentunya tidak terlepas dari support semua pihak sehingga hari ini kita bisa menyaksikan sama sama grand opening Jejangkit Ecopark," pungkasnya.


Jejangkit Ecopark berdiri dilahan dekat kawasan Hari Pangan Sedunia (HPS) pada tahun 2018, objek wisata ini dapat menjadi tempat rekreasi baru bagi warga Batola.





Berada di Kecamatan Jejangkit, tempat ini menyediakan pemandangan alam yang asri, dengan tersedia gazebo, pondok, dan wahana perahu bebek.serta lawan berjualan bagi UMKM setempat.


Sementara di kesempatan yang sama, Sabirin S.Sos MM Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menyampaikan berkaitan dengan kegiatan Disporbudpar Batola, Sahbirin menyampaikan, launching Jejangkit Ecopark dalam pengelolaannya, Disporbudpar bekerjasama dengan bernagai pihak.


"Seperti PKK Kecamatan Jejangkit, Bumdes Jejangkit Muara, serta meberdayakat masyarakat kawasan sekitar sebagai petugas jaga dan pedagang," jelas Sabirin.


Sabirin mrngatakan lagi, dengan adanya objek wisata di Kecamatan jejangkit diharapkan pariwisata mampu memberikan dampak berganda khususnya kesejahteraan Masyarakat.sekitar yang akhirnya membantu menambah secara social dan ekonomi bagi Masyarakat Dengan adanya Objek wisata di Kecamatan Jejangkit.


Dia juga berharap nantinya, selain di manfaatkan masyarakat juga nanti seluruh SKPD di Kabupaten Batito Kuala, agar bisa lebih memanfaatkan Jejangkit Ecopark untuk dijadikan tempat kegiatan. (@DW)