Banjarmasin - Di awali dengan sambutan dari Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Donny Yoeshiantoro (Komisi Informasi  Pusat  Republik  Indonesia) yang mengucapkan rasa terimakasih atas sambutan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di gelarnya Rakornas ke-15 yang baru pertama kalinya di adakan di Kalimantan Selatan juga sambutan kedua oleh Wakil ketua komisi I DPR-RI, Dr H Abdul Khais Almasyhari, M SI., Senin (10/06/2024) malam.


Acara yang di gelar di gedung Mahligai Pancasila  di hadiri sekitar 300 peserta dari berbagai Provinsi  yang ada di Indonesia.


Pada sambutan ketiga Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau akrab di sapa Paman Birin ini mengatakan, momen yang penuh rasa kekeluargaan ini dapat menjadi sarana bagi untuk lebih saling mengenal, menjalin komunikasi dan tali silaturahmi. 


Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin  juga menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk terus mendukung terwujudnya keterbukaan informasi publik yang merupakan salah satu pilar utama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel.


Paman Birin juga mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan sebaik-baiknya momen penyelenggaraan rakornas komisi informasi se-Indonesia ini untuk saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman, serta berdiskusi secara mendalam terkait upaya-upaya untuk terus mengembangkan keterbukaan informasi publik di Tanah Air.


Tak lupa, Paman Birin juga mempromosikan pariwisata dan kebudayaan yang ada di Kalsel Babussalam untuk dapat dinikmati keindahan alam yang kaya akan pesona dan ragam kekayaan alamnya.


Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim

Di kesempatan yang sama Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim saat di wawancara mengatakan bahwa Diskominfo Kalsel sudah menyiap kan jauh jauh hari untuk acara Rakornas Ke 15 ini.


"Dari awal datang peserta dari seluruh Indonesia mulai bandara, hingga sampai di bawa melalui transportasi yang sudah kita siapkan ke acara Rakornas." Ungkap Muslim.


"Peserta yang datang dari seluruh Indonesia menurut  catatan  yang kita terima ada sekitar 350 orang dalam acara Rakornas Ke -15 belum lagi peserta yang ada di daerah kita ini."tambahnya.


Ia, mengatakan lagi, dalam Rakornas ke 15 di kalsel, tentunya dalam rangka untuk meningkatkan transparansi Informasi di Kalsel.


"Sebagaimana pesan pak Gubernur (Sahbirin Noor) agar membuka akses seluas luasnya keterbukaan informasi, kemasyarakat terkait  pembangunan di Kalimantan Selatan." Katanya lagi.


Di akhir wawancara Muslim, berharap Rakornas ke 15 yang di gelar akan berjalan  sukses dengan baik.


"Juga menghasilkan rekomendasi  rekomendasi yang bagus dalam keterbukaan  informasi dan memberikan keuntungan bagi masyarakat di Kalimantan  Selatan," pungkasnya. (@DW)