Bupati Kapuas Lantik Dua Kades Terpilih Pada Pilkades Serentak


Kalseltoday.com, Kuala Kapuas - Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, MM, MT resmi melantik  dua Kepala Desa (Kades) terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kapuas. Kedua Kades tersebut diantaranya, Misbah Herman sebagai Kepala Desa Bumi Rahayu Kecamatan Kapuas Murung dan Dinas sebagai Kepala Desa Sei Hanyo Kecamatan Kapuas Hulu.


Bertempat di Aula kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas, pada hari Rabu 26/10/2022, Ben Brahim S Bahat melantik serta mengambil sumpah dan janji jabatan para Kades terpilih. 


Dalam sambutannya, Bupati Kapuas mengingatkan kedua Kades yang baru di Lantik untuk bisa memberi pengabdian yang optimal serta membawa kemajuan untuk desa masing-masing. 


Ia juga mengingatkan agar Kades bijak dalam mengelola anggaran Dana Desa, dan tidak melakukan penyimpangan yang sifatnya melawan hukum. 


"Pengalokasian Dana Desa itu sudah diatur secara proporsional dengan besaran masing-masing dan harus mendahulukan hal-hal penting seperti pengalokasian untuk hal-hal yang berkaitan dengan sanitasi, setelah itu sisanya untuk pembangunan fisik," pesan Bupati Kapuas. 


Selain dihadiri Forkopimda juga tampak hadir sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Kapuas 2022 Drs. Ilham Anwar, Camat Kapuas Murung Kurnadi dan Camat Kapuas Hulu Bambang, SE. 


Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Yanmarto, SH, M.Kum menyampaikan bahwa pelantikan Kades tersebut masih dalam rangkaian Pildes Serentak 2022 di Kabupaten Kapuas. 


Sampai saat ini sudah 154 Kepala Desa yang di lantik dari 155 desa yang ikut dalam Pemilihan Kepala Desa serentak Kabupaten Kapuas pada 26 Juli 2022 yang lalu. 


Ia menambahkan, tersisa satu desa 

yang di sepakati untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), yakni Desa Sei Kayu Kecamatan Kapuas Barat, pada 29 Oktober mendatang. 


"Tersisa satu Desa Sei Kayu dikarenakan sebelumnya masih ada masalah internal. Dan sesegera mungkin dilantik setelah dilaksanakannya PSU," pungkas Yanmarto. (FR)

0/Post a Comment/Comments