Resmi, Indonesia Punya 3 Provinsi Baru, Totalnya 37 Provinsi


Kalseltoday.com, Jakarta -  Indonesia adalah negara yang kaya raya. Selain keindahan alamnya, negeri kita ini juga memiliki beragam tradisi dan adat-istiadat yang diturunkan dari generasi ke generasi. Dari ujung Sabang sampai Merauke, terdapat puluhan provinsi dengan ciri khasnya masing-masing yang menjadi kebanggan bagi Indonesia sendiri.


Setelah tiga Rancangan Undang-Undang Daerah Otonomi Baru (RUU DOB) Papua disahkan menjadi undang-undang pada akhir Juni 2022 lalu, negeri tercinta kita ini kedapatan tiga provinsi baru.


"UU ini menjamin hak sosial dan ekonomi masyarakat Papua terkait pemekaran wilayah yang bertujuan untuk pemerataan dan keadilan pembangunan di Indonesia," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani usai Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis 30 Juni 2022.


Dengan begitu, Indonesia yang sebelumnya berjumlah 34 provinsi kini menjadi 37 provinsi. Tambahan tiga provinsi baru ini merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Papua.


Ketiga provinsi tersebut adalah:

  • Provinsi Papua Selatan dengan Ibu Kota Merauke
  • Provinsi Papua Tengah dengan Ibu Kota Timika
  • Provinsi Papua Pegunungan dengan Ibu Kota Wamena

Lalu ada juga penambahan pada bagian desa, kecamatan, dan kelurahan. Diketahui bahwa akan ada penambahan 305 desa, 11 kecamatan, dan 8 kelurahan.


Peresmian tiga provinsi baru ini diadakan di laza Gedung A, hari ini, Jumat pukul 09.00 WIB. Selain meresmikan tiga provinsi baru, acara tersebut juga meresmikan penjabat gubernur yang memimpin tiga provinsi baru tersebut.


Dilansir papua.go.id, Papua Selatan dikenal dengan sebutan Bumi Anim Ha (manusia sejati). Provinsi Papua Selatan mempunyai batas daerah meliputi:

  • Sebelah utara: Kabupaten Nduga, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang.
  • Sebelah timur: Negara Papua Nugini.
  • Sebelah selatan: Laut Arafura.
  • Sebelah barat: Kabupaten Mimika dan Laut Aru

Papua Selatan telah diperjuangkan untuk menjadi provinsi tersendiri sejak tahun 2002 dan kembali diajukan menjadi provinsi pada tahun 2020. Namun baru terwujud dalam Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan yang ditetapkan pada 25 Juli 2022.


Papua Selatan berada di dataran rendah yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini dengan banyak rawa-rawa dan sungai besar seperti Digul dan Maro. Wilayah ini memiliki hasil bumi seperti sagu dan ikan.


Saat ini provinsi Papua Selatan dipimpin oleh Apolo Safanpo.


Provinsi Papua Tengah mempunyai batas daerah meliputi:

  • Sebelah utara: Kabupaten Waropen, Kabupaten Mamberamo Raya, dan Teluk Cendrawasih.
  • Sebelah timur: Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Nduga, Kabupaten Tolikara, dan Kabupaten Asmat.
  • Sebelah selatan: Laut Aru.
  • Sebelah barat: Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat.


Provinsi Papua Tengah memiliki gunung tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya. Dengan ketinggian 4.884 m, Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia sekaligus di Oseania.Lalu, ada juga tambang emas Grasberg yang dioperasikan oleh Freeport Indonesia. 


Ketetapan pembentukan Provinsi Papua Tengah terdapat dalam UU Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah yang ditetapkan pada 25 Juli 2022.


Saat ini provinsi Papua Tengah dipimpin oleh Ribka Haluk.


Provinsi Papua Pegunungan mempunyai batas daerah meliputi:

  • Sebelah utara: Kabupaten Mamberamo Raya,Kabupaten Sarmi, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Keerom
  • Sebelah timur: Negara Papua Nugini
  • Sebelah selatan: Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Asmat
  • Sebelah barat: Kabupaten Puncak Jaya, KabupatenPuncak, dan Kabupaten Mimika


Provinsi Papua Pegunungan berlokasi di Pegunungan Jayawijaya bagian timur. Merupakan provinsi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang tidak berbatasan dengan perairan laut.


Sebelumnya, Provinsi Papua Pegunungan sempat ingin disusulkan bernama Provinsi Papua Pegunungan Tengah. Ketetapan pembentukan Provinsi Papua Pegunungan terdapat dalam UU Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan yang ditetapkan pada 25 Juli 2022.


Saat ini provinsi Papua Pegunungan dipimpin oleh Nikolaus Kondomo. (Red)

0/Post a Comment/Comments