PJ Bupati Batola H. Mujiyat, Resmikan Anjungan Dukcapil Mandiri

Pj Bupati Batola, Mujiyat (kanan)  saat pemptongab pita peresmian ADM

Pj Bupati Batola, Mujiyat (foto istimewa)

Kalseltoday.com, Batola - Penjabat Bupati Batola H. Mujiyat, S.sn,. M.Pd secara resmi membuka Anjungan Dukcapil Mandiri di Kecamatan Alalak Jalan Trans Kalimantan KM 2,5 No 10 Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala (Batola) Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (08/12/22) pukul 14.00 wita.


Dengan di bukanya Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) ini, PJ Bupati Barito Kuala berharap semua ini dapat memudahkan warga Barito Kuala yang masih belum terdata kependudukannya bisa segera terdata semua, karena pelayanannya cepat, singkat dan tanpa di pungut bayaran alias gratis," ucap Mujiyat.


Sementara itu Kadis Dukcapil Kabupaten Batola Akhmad Wahyuni menjelaskan, bahwa Anjungan Dukcapil Mandiri ini bisa memudahkan masyarakat untuk mengurus surat-surat seperti kutipan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, kutipan akta kematian dan lainnya. 


 Kadis Dukcapil Batola Akhmad Wahyuni

"Adapun pungsi dan kegunaan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) adalah merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen administrasi kependudukan. Adapun dokumen yang dapat dicetak di ADM yaitu KK, KTP-el, KIA, Kutipan Akta Lahir dan Kutipan Akta Kematian, tanpa harus ke Kantor Dukcapil " terang Wahyuni.


Di jelaskannya bahwa untuk Kabupaten Barito Kuala saat ini se-Indonesia masih terendah dalam percetakan akta kelahiran yang target Nasionalnya 99% untuk e-KTP, sedangkan untuk Kabupaten Batola hanya 97%, makanya untuk mempercepat itu upayanya adalah mempercepat ADM ini bisa berfungsi.


Untuk mengaktifkan KTP digital bisa langsung ke Kantor Kecamatan dan bisa langsung mencetak di ADM.


Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Anjungan Dukcapil Mandiri ini bisa di gunakan seluruh warga Barito Kuala bukan hanya warga Alalak saja yang mau mengurus surat-surat," ujar Wahyuni.


Lanjutnya, untuk ADM sendiri pelayanannya 24 jam, kapan saja bagi masyarakat mau mencetak dokumen di sini, syaratnya warga sudah memilik KTP digital dan memiliki HP Android, bawa ke Kantor Kecamatan untuk registrasi dan akan mendapatkan KTP digital dan Barcodenya.


Peresmian Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di hadiri PJ Bupati Batola , Kadis Dukcapil Batola , Danramil Alalak , Camat dan seluruh Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Alalak. (Tim)

0/Post a Comment/Comments